Jakarta, Aktual.com — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra DKI Jakarta akan memanggil seluruh bakal calon (balon) Gubernur DKI Jakarta, di Hotel Borobudur, pada Jumat (15/1) mendatang.

“Kita panggil delapan balon untuk mengikuti penjaringan tahap dua,” terang Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Bidang Organisasi dan Kepemudaan, Syarif, kepada wartawan, di Gedung DPRD, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (7/1).

Rencananya, acara tersebut bakal dibuat undangan terbatas, di mana hanya dihadiri oleh pengurus DPD, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC), serta para peserta.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut sekretaris Komisi A ini, seluruh kandidat dimintai persetujuannya untuk diusung.

“Serta bersedia menyosialisasikan dirinya kepada masyarakat selama empat bulan ke depan,” beber Syarif.

Nantinya, kata bekas anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat tersebut, Gerindra bakal mengerucutkan menjadi lima kontestan.

“Kemudian, dikerucutkan lagi menjadi tiga,” ucap ia menambahkan.

Gerindra juga bakal melakukan survei internal untuk mengukur tingkat elektabilitas dan popularitas.

Untuk diketahui, Gerindra mempublikasikan delapan balon Gubernur DKI di Gelanggang Olahraga dan Remaja (GOR) Senen, Jakarta Pusat, Minggu, 27 Desember 2015 lalu. Seluruh kandidat berasal dari internal dan eksternal partai.

Di antaranya yaitu, Sekretaris Jenderal DPP Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Gerindra Sandiaga Uno, anggota DPR Biem Benjamin, serta Wakil Ketua dan Ketua Gerindra DKI, Mohamad Sanusi dan Mohamad Taufik.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah DKI Saefullah, Walikota Bandung Ridwan Kamil, dan mantan Pangdam Jaya Sjafrie Syamsuddin.

Dalam kesempatan tersebut, terdapat 750 kader Gerindra yang diundang dan dimintai menyampaikan pendapatnya tentang balon yang layak diusung pada pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI di bulan Februari 2017 mendatang. (Reporter Aktual.com: Fatah Sidik).

Artikel ini ditulis oleh: