Kembalinya Setya Novanto diposisi ketua DPR RI. (ilustrasi/aktual.com)
Kembalinya Setya Novanto diposisi ketua DPR RI. (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Sidang Paripurna telah menyepakati pergantian Ketua DPR dari Ade Komarudin ke Setya Novanto, Rabu (30/11). Setelah seluruh fraksi dalam pertimbangannya menyetujui keputusan Partai Golkar ini.

Pimpinan Sidang Paripurna Fadli Zon langsung menanyakan kepada seluruh anggota DPR apakah menyetujui pergantian Ketua DPR tersebut.

“Kami tanyakan kepada semua anggota, apakah pergantian dapat disetujui,” ujar Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dalam rapat paripurna DPR, (30/11).

“Setuju,” seru anggota DPR kompak.

Usai menyatakan bersedia, Setya Novanto pun langsung dilantik oleh Pelaksana Tugas Harian Mahkamah Agung menjadi ketua DPR kembali.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai ketua DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pancasila dan UUD 1945. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh dengan kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan negara dan bangsa daripada pribadi, seseoarang dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan NKRI,” ujar Novanto dalam sumpahnya.

Usai bersumpah, Novanto pun resmi menjadi Ketua DPR menggantikan Ade Komarudin.

Laporan: Nailin In Saroh

Artikel ini ditulis oleh:

Wisnu