Jakarta, Aktual.com – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengundang Duta Besar Amerika Serikat Joseph R Donovan Jr berkunjung ke Bumi Nyiur Melambai yang dipimpinnya. Dengan berkunjung ke Sulut diharapkan akan meningkatkan jalinan kerjasama yang sudah terbangun.

“Kami mengundang Duta Besar Amerika Serikat untuk meluangkan waktu sebanyak-banyaknya berkunjung ke daerah yang sangat kami cintai,” kata Olly dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/3).

Ia menyatakan itu dalam resepsi penyambutan Dubes baru AS untuk Indonesia Joseph R Donovan. Acara berlangsung di rumah dinas Konsulat Jenderal AS di Surabaya, Rabu (1/3). Hadir dalam acara itu Konsul Jenderal AS Heather Variava, Wagub Jatim Saifullah Yusuf, Walikota Manado Vicky Lumentut, Walikota Makassar Ramadhan Pomanto dan undangan lainnya.

Diyakini Olly, keindahan panorama alam dan keramahtamahan masyarakat Sulut akan memberikan kesan mendalam jika Dubes Joseph Donovan berkenan berkunjung. Paling tidak memberikan semangat bagi Joseph yang akan bertugas dalam tiga tahun ke depan di Indonesia.

Kerjasama Pemprop Sulut dengan Pemerintah AS sendiri disampaikan dia sudah terjalin cukup lama. Melalui berbagai program misalnya dukungan pelaksanaan Corral Triangle Initiative, Wild Trafficking Program, NOAA Maritime Research Ship, gelaran Independence Day 2013, USNS Mercy Ship hingga bantuan Kapal Patroli untuk Pol Air menjaga perbatasan.

“Sampai dengan saat ini, Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara senantiasa mampu menjalin hubungan kerja yang bernilai konstruktif,” jelas Gubernur Olly.

Kepada Dubes AS baru Joseph Donovan, ia juga menyampaikan harapannya agar ke depan bersama-sama terus mengupayakan kerjasama yang lebih baik lagi. Khususnya di bidang pariwisata, lingkungan, perdagangan, maritim, pendidikan dan pertahanan.

“Substansi dan urgensinya (kerjasama) memang sangat dibutuhkan bagi progres pembangunan Sulawesi Utara,” demikian Olly.

Artikel ini ditulis oleh: