Warga memperlihatkan tiket dengan latar belakang antrean pembelian tiket offline final AFF Suzuki Cup 2016 antara timnas Indonesia melawan Thailand di depan Makostrad Jakarta, Selasa (13/12). PSSI mendistribusikan 10.000 lembar tiket kategori tiga yang dijual secara offline di Markas Garnisun Tetap 1 Jakarta serta 5.000 lembar tiket di Makodim, Kabupaten Bogor. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc/16.

Jakarta, Aktual.com – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra menilai program kerja Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2016-2020 dibawah kepengurusan Edy Rahmayadi cerdas dan mampu membaca kondisi persepakbolaan tanah air saat ini.

“Kita melihat kepemimpinan PSSI dibawah Pak Edi sangat cerdas. Kenapa, karena PSSI dibawah kepemimpinan Pak Edi, kita melihat dan membaca kondisi saat ini bagaimana PSSI,” kata dia usai RDPU dengan Komite Eksekutif PSSI, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (26/4).

Sebagai mitra kerja Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), yang merupakan pembina PSSI, Sutan memastikan Komisi X mendorong Kemenpora agar mempunyai komitmen yang tinggi terhadap kemajuan persepakbolaan.

“Kita sudah melihat programnya cukup bagus. Sudah ditemukan persoalan dan permasalahan tentang persepakbolaan, dimana ini perlu adanya solusi. Pak Edy mengemukakan solusi dari permasalahan itu,” ucapnya.

Politisi F-Gerindra mencontohkan bagaimana Edy Rahmayadi bisa menggambarkan salah satu permasalahan di persepakbolaan seperti minimnya pemain sepakbola Indonesia. Dari 250 juta penduduk Indonesia hanya 0,26 persen yang terjun ke bidang olahraga.

“Ini kan tidak benar. Bagaimana kita mau mendapatkan bibit dan tidak kita tumbuhkan dari sekarang, nanti kita terus menerus mendatangkan pemain dari luar,” jelasnya.

Mengenai persiapan Asian Games 2018, Sutan menyatakan bahwa even besar tersebut merupakan momentum yang luar biasa untuk memajukan persepakbolaan Tanah Air.

“Persepakbolaan kan pemersatu bangsa. Kita mengharapkan kedepan, persepakbolaan ini jangan hanya retorika dimajukan. Tetapi tidak diikuti dengan anggaran yang cukup,” ucapnya.

Ia meyakini dengan kepemimpinan Edy yang berkarakter tegas dan berani ke depan dunia sepakbola Indonesia dapat mencapai target yang diharapkan. Salah satunya target juara di Asian Games 2018 dan AFF Cup.

“Keberanian beliau seperti itu berarti sudah didukung semua elemen yang ada di PSSI. Oleh karenanya kalau kita ingin menang di Asian Games minimal nomor 4, tentu dari sekarang ini mari kita beri dukungan yang luar biasa kepada PSSI,” pungkasnya.

Artikel ini ditulis oleh: