Jakarta, Aktual.co — Alangkah baiknya, sebelum umat Muslim bepergian mencari rezeki, silahturahmi, menuntut ilmu hingga melakukan perjalanan jauh, agar mendapatkan ridho Allah SWT terkait kepergiannya itu, hendaknya diawali dengan doa. Tujuannya, agar semua yang  kita lakukan ini lebih bermakna dan memiliki pahala yang mulia di sisi Allah SWT.

Berikut etika dan adab yang harus dilakukan seorang Muslim sebelum menempuh perjalananya. Akan lebih baik, dianjurkan setelah menyebut nama Allah SWT, membaca surat. Al-Fatihah dan Ayat Kursi serta doa yang terkait dengan bepergian.

1 Istikharah. Sangat dianjurkan bagi setiap Muslim yang akan bepergian.

2. Memilih Waktu. Waktu yang baik untuk bepergian sangat penting membantu kita menyelesaikan semua pekerjaan atau tujuan yang sedang dilakukan.

3. Washiyat. Dianjurkan untuk setiap orang yang akan bepergian, terutama untuk Haji, agar menyampaikan wasiat kepada keluarganya. Wasiat itu bisa berkenaan dengan urusan yang harus dilakukan, kewajiban, atau utang piutang. Ia juga dapat menyampaikan amanat yang harus dilakukan oleh anggota keluarganya.

4. Pemberitahuan. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Apabila seorang Muslim akan bepergian, ia harus memberitahukan saudara-saudaranya. Begitu pula wajib bagi saudara-saudaranya menemui ketika ia kembali.”

5. Bersedekah, Hendaknya bersedekah sebelum bepergian untuk memperoleh keselamatan dan bersedekah lagi ketika kembali sebagai ungkapan syukur.

6. Mandi sunah dan lakukan salat Safar dua rakaat.

7.Ketika keluar rumah bacalah, Tasbih Az-Zahra’, Surat Fatihah, dan Ayat Kursi.

8. Sepanjang perjalanan perbanyaklah Zikir. Disebutkan bahwa Imam Ja’far ash-Shadiq As, membaca doa ini setiap kali dirinya akan berangkat melakukan aktivitasnya, “Ya Allah, leluasakanlah jalan kami dan berikanlah kebaikan jalan kami serta perbanyaklah kesehatan kami.”

9. Tentu sebelum bepergian kita harus menyiapkan bekal yang sekiranya diperlukan dalam perjalanan dan tempat tujuan. (Dari Berbagai Sumber)

Artikel ini ditulis oleh: