Jakarta, Aktual.co — Selawat ( atau Shalawat) merupakan doa, keberkahan, kesejahteraan, kemuliaan dan ibadah yang dapat diartikan bagi seorang Muslim untuk melakukannya dan mengharap ridho Allah SWT.

Sementara itu, bila selawat itu datangnya dari Allah SWT berarti memberi rahmat kepada makhluk. Selawat dari Malaikat berarti memberikan ampunan.

Sedangkan, selawat dari orang-orang Mukmin berarti suatu doa agar Allah SWT. memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya.

Selanjutnya selawat yang juga merupakan doa, sepertinya obat yang baik untuk diri sendiri, orang banyak atau kepentingan bersama. Dimana selawat itu sendiri dilakukan seseorang sebagai bentuk ibadah atau pernyataan Hamba atas ketundukannya kepada Allah SWT, serta mengharapkan pahala dari-Nya.

Sebagaimana yang dijanjikan Nabi Muhammad SAW. Bahwa, orang yang berselawat kepadanya akan mendapat pahala yang besar, baik selawat itu dalam bentuk tulisan maupun ucapan.

Dalam kajian penelitian ilmiah, maupun bagi dunia kesehatan mengatakan, bahwa seseorang yang melakukan selawat. Tak bisa dipungkiri secara psikologis, selawat itu mampu berkhasiat guna memberikan kesehatan dan memperbaiki akhlak seseorang, untuk mendapatkan ridho Allah SWT terhadap sesuatu yang ingin dicapainya.

Pasalnya, dalam hati dan pikiran yang sehat yang berasal dari manusia. Ketika seseorang melakukan selawat niscaya selawat itu merupakan ujung tombak seseorang mendapatkan sesuatu atas izin dan ridho Allah SWT mencapai segala sesuatunya. Waullohualam bi sawab

Artikel ini ditulis oleh: