Jakarta, Aktual.co — Dalam prespektif Islam, tugas atau pekerjaan merupakan amanah yang harus dikerjakan dengan baik oleh setiap umat.

Setelah melihat dan mengamati tujuan di atas, maka tugas serta tanggung jawab dalam pekerjaan terkadang masih menjadi hal yang berat bagi seseorang untuk memewujudkan tujuannya tersebut.

Karena di saat seseorang menjalankan tugasnya, dia harus menghadapi tantangan dan rintangan dalam mengemban amanah tersebut.

Dewasa ini, masih ada  orang yang tidak paham tentang tugas dan tanggung jawabnya. Apalagi, jika suatu pekerjaan yang merupakan profesi dan harus dikerjakan secara profesional, yang antara lain, memiliki ciri pekerjaan dalam landasan teoritik dan keilmuan yang jelas.

Kemudian pekerjaan tersebut dipersiapkan melalui proses pendidikan dan pelatihan secara formal.  Selain itu, pekerjaan tersebut mendapatkan pengakuan dari masyarakat. Pekerjaan tersebut dilaksanakan dengan mengacu pada kode etik yang telah disepakati.

Selanjutnya, pekerjaan tersebut memiliki standar upah atau gaji. Terakhir pekerjaan tersebut biasanya memiliki wadah yang terorganisasi secara rapi.           

Ulasan di atas, sekiranya hanya untuk kembali menyemangati Anda saat menjalankan tugas dan pekerjaan untuk mencapai hasil yang maksimal. Perlu diingat tugas atau pekerjaan merupakan amanah yang harus dijalani dan diselesaikan dengan baik oleh setiap orang.

Namun demikian, bila semuanya itu dilakukan dengan ikhlas dan tanpa beban, yakinlah bahwa pengemban tugas akan dapat mweujudkan tujuannya itu dengan hasil yang sempurna.

Artikel ini ditulis oleh: