Beranda Headline Trust Indonesia Sebut Nama Bahtiar Unggul Diantara Kandidat PJ Gubernur DKI

Trust Indonesia Sebut Nama Bahtiar Unggul Diantara Kandidat PJ Gubernur DKI

Tangkapan Layar Dialog Aktual bertaju 'Pj Gubernur Jakarta dan Upaya Meredam Polarisasi Politik, secara virtual, Sabtu (1/10) kemarin.

Jakarta, aktual.com – Lembaga survei Trust Indonesia merilis survei key opinion leader terkait Calon Plt Gubernur DKI Jakarta. Peneliti Trust Indonesia, Ahmad Fadli menjelaskan nama Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar berada di tempat teratas di antara calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI lainnya.

“Nama Pak Bahtiar unggul dari tingkat kinerja, mulai dari kapasitas dan integritas, pengalaman, anti korupsi dengan tingkat kepuasan 76,2 persen,” kata Fadli dalam Dialog Aktual bertajuk ‘Pj Gubernur Jakarta dan Upaya Meredam Polarisasi Politik, secara virtual, Sabtu (1/10) kemarin.

Dari survei itu, hasilnya Bahtiar berada ditingkat atas dengan tingkat kepuasan kinerja sebesar 76,2 persen. Kemudian disusul Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali 52,4 persen dan Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono 36,1 persen.

Fadli menjelaskan survei dilakukan secara online dalam rentang waktu 3 hari yaitu pada tanggal 28-30 September 2022. Populasi survei adalah responden pakar (expert) yang dianggap memiliki pengetahuan mendalam mengenai 3 Calon Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta 2022.

Jumlah responden survei sebanyak 112 responden, dengan tingkat keragaman responden pakar (expert) yang terdiri dari 8 profesi yaitu Birokrat, Akademisi, Pengusaha, Tokoh Masyarakat, Media (Pers), Aktivis Mahasiswa, LSM dan Pengamat Politik.

Bahtiar berpeluang memimpin ibu kota usai Gubernur DKI Anies Baswedan habis masa jabatannya pada 16 Oktober, mendatang. Diketahui, nama Bahtiar baru muncul ke permukaan sebagai calon PJ Gubernur DKI di detik-detik terakhir.

Dalam rapat pimpinan gabungan (rapimgab) yang digelar pada Selasa (13/9) lalu, Bahtiar memperoleh dukungan enam suara dari total sembilan fraksi yang ada di DPRD DKI.

Sementara dua calon PJ Gubernur DKI lainnya mendapat dukungan dari seluruh fraksi. Dua calon lain itu yakni Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali dan Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Megel Jekson