Jakarta, Aktual.com – Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman, mengungkapkan informasi terbaru mengenai pertemuan antara Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri, dengan bos Alexis Group, Tirta Juwana Darmadji alias Alex Tirta. Menurut Boyamin, pertemuan tersebut terjadi di Palembang pada November 2019, saat Firli diangkat menjadi Kabaharkam Polri.

“MAKI menemukan foto-foto yang membuktikan bahwa pertemuan itu terjadi saat Pak Firli merayakan pengangkatannya sebagai Kabaharkam Polri. Acara syukuran tersebut dihadiri oleh orang-orang dekat, termasuk Alex Tirta yang terbang khusus dari Jakarta ke Palembang,” ujar Boyamin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/11).

Menurut Boyamin, temuan ini membantah klaim pengacara Firli, Ian Iskandar, yang mengatakan bahwa kliennya tidak mengenal Alex Tirta.

“Fakta ini justru memperkuat kecurigaan dan menunjukkan adanya hubungan dekat antara keduanya,” tambahnya.

Polda Metro Jaya telah membuka penyidikan terkait dugaan pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Sejak surat perintah penyidikan diterbitkan pada Senin, 9 Oktober 2023, lebih dari 52 orang saksi telah diperiksa oleh penyidik, termasuk SYL, Firli, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, tujuh pegawai KPK, serta ajudan Firli dan lainnya.

Pada Kamis (26/10), penyidik juga melakukan penggeledahan di dua rumah milik Firli yang beralamat di Jalan Kertanegara 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dan Perum Gardenia Villa Galaxy A2 Nomor 60, Kota Bekasi. Terungkap bahwa rumah di Kertanegara disewa melalui perantara Alex Tirta dengan biaya sewa sebesar Rp650 juta per tahun.

Hari ini, penyidik memeriksa Alex Tirta sebagai saksi. Hingga berita ini ditulis pada pukul 20.40 WIB, Alex Tirta masih menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya. CNNIndonesia.com belum berhasil mengonfirmasi pernyataan Boyamin kepada Alex Tirta atau pengacaranya terkait temuan ini.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Ilyus Alfarizi