Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2024). ANTARA/Siti Nurhaliza

Jakarta, Aktual.com – Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, berencana melaksanakan uji coba makan gratis setelah perayaan HUT ke-79 RI.

Heru, yang juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), saat ini tengah fokus mempersiapkan acara perayaan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Setelah 17-an besok (uji coba makan gratis). Saya masih ada 17 Agustus. Nanti begitu selesai mungkin hari Senin,” kata Heru di Jakarta, Rabu(14/8).

Heru mengungkapkan bahwa lokasi uji coba belum dipastikan, namun ia berencana mengunjungi wilayah seperti Kalibaru, Cakung, Muara Angke, dan Cilincing.

Uji coba ini diestimasi memerlukan dana sekitar Rp5 hingga 8 juta untuk setiap sekolah, dengan alokasi sekitar Rp15.000 per anak.

“Misalnya untuk tahap pertama saya hitung kurang lebih lima sampai delapan juta, anak SD. Kalau bisa, seminggu dua kali,” jelas Heru.

Untuk sementara, Heru akan menggunakan tunjangan operasionalnya sebagai gubernur untuk memulai program ini, dengan rencana melibatkan BUMD melalui CSR ke depannya.

Program makan gratis ini merupakan janji kampanye Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 lalu.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Firgi Erliansyah