Jakarta, Aktual.co — Pernahkah Anda meniup makanan atau pun minuman yang panas? Ya, pastinya kebanyakan dari kita melakukan hal tersebut, apalagi jika sudah terdesak lapar. Namun, tahukah Anda ternyata kebiasan dalam meniup-niup minuman panas berbahaya bagi tubuh.

Nah, terkait makanan dan minuman yang panas ternyata juga ada aturannya. Kebijakan kesehatan itu pun tidak tanggung-tanggung disampaikan oleh Rasulullah SAW.

Dari Abu Qatadah radhiallahu anhu dia berkata:
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى أَنْ يُتَنَفَّسَ فِي الْإِنَاء

“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang menghembuskan nafas di dalam bejana (ketika minum).” (HR. Muslim no. 227)

Telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Mahdi dari Israil dari Abdul Karim dari Ikrimah dari Ibnu Abbas, ia mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang meniup ke dalam makanan dan minuman.” (HR. Ahmad no.2678)

Dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk bernafas atau meniup wadah air minum.” (HR. Al-Tirmidzi no. 1888 dan Abu Dawud no. 3728, dan hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa aturan dalam agama Islam itu untuk kebaikan bagi yang melaksanakannya. Apa kebaikan dari dilarangnya meniup makanan dan minuman?

Seperti yang kita ketahui bahwa senyawa air  itu adalah H2O dan udara yang dihembuskan dari mulut itu adalah CO2. Jika H2O dan CO2 bereaksi akan menghasilkan H2CO3 yang membahayakan tubuh.

Subhanallah, ternyata Islam melalui Rasulullah SAW telah mengetahui lebih dahulu bahayanya meniup asap adalah berbahaya. Benarlah Islam dengan tidak ada keraguan lagi baginya.

(Sumber: Islam Pos)

Artikel ini ditulis oleh: