Banda Aceh, Aktual.co — Sekda Aceh, Dermawan, menyebutkan bahwa Pemerintah Aceh menargetkan produksi kedelai sebanyak 127.208 ton pada tahun ini.
Hal ini dikatakan saat membuka Hari Peringatan Krida Pertanian Aceh ke-43 di Balai Diklat dan Pelatihan Pertanian (BDP) Saree, Rabu (10/6).
Untuk mencapai target lumbung pangan nasional, pihaknya menyerukan semua pihak di Aceh untuk melakukan langkah bersama dalam menyusun program kesejahteraan petani melalui peningkatan jalan produksi dan irigasi, penyediaan bibit unggul yang baik, pengadaan pupuk, dan pemberian penyuluhan yang intensif. Peningkatan produksi padi, kedelai dan jagung dipastikan sesuai dengan harapan Presiden Jokowi.
“Untuk tahun ini, Aceh diharapkan mampu berkontribusi, antara lain untuk produk padi yang tahun ini diharapkan mencapai 2,7 juta ton; kedelai 127.208 ton; dan jagung 363.346 ton,” kata Dermawan.
Ditambahkan, semua dinas dan instansi terkait agar dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang optimalisasi lahan dan mencegah alih fungsi lahan pertanian kepada sektor lain.
“Aceh harus dapat menjalankan program-program terpadu di sektor pertanian dalam rangka mencapai target lumbung nasional, seperti pengembangan Kampung Pangan Terpadu Minapolitan, di Pudak, Muaro Jambi, Jambi,” pungkasnya.

()