Jakarta, Aktual.com — Sekretaris Jenderal Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie, Bambang Soesatyo menduga pencopotan Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri ada yang ingin dilindungi Istana dari gebrakan mantan Kapolda Gorontalo itu.

“Saya menduga ada yang ingin dilindungi akibat gebrakan Buwas. Kalau alasannya Buwas telah menimbulkan kegaduhan, itu keliru,” kata pria yang biasa disapa Bamsoet itu, Kamis (3/9).

Karena, lanjut dia, kegaduhan luar biasa justru pernah dilakukan oleh Kabinet Kerja lainnya. Namun, posisi pembuat kegaduhan itu tetap pada posisi aman. “Tapi dia aman-aman saja tidak diganti,” kata Anggota Komisi III DPR itu tanpa menyebutkan institusi yang membuat gaduh itu.

Lebih dari itu, kata Bamsoet, alasan pencopotan Buwas karena penegakan hukum yang dilakukannya telah menimbulkan kegaduhan. Maka hal itu sama saja, istana memperbolehkan orang korupsi asal tidak gaduh.

“Jika informasi pencopotan Buwas itu benar, maka Kami di komisi III sangat menyesalkan pencopotan tersebut terjadi,” ujar dia.

Apalagi, sambung dia, kinerja Buwas belakangan ini sangat memuaskan dan telah berhasil mengembalikan kewibawaan dan marwah Polri dalam hal pemberantasan korupsi menyaingi KPK.

Laporan: Wisnu Jusep

(Nebby)