Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartanto mengatakan bahwa posisi ketua komisi III DPR RI yang sebelumnya ditempatkan Bambang Soesatyo, akan diisi oleh Kahar Muzakir.

Hal itu terkait dengan telah ditetapkannya Bambang Soesatyo (Bamsoet) sebagai ketua DPR RI yang baru.

“Sudah ada pak Kahar Muzakir, ya kan salah satu yang senior di partai Golkar adalah Pak Kahar. kalau Golkar kan ahli di mana saja,” kata Airlangga usai menghadiri pelantikan ketua DPR RI, di Komplek Parlemen, Senayan, Senin (15/1).

Lebih lanjut, ketika ditanyakan soal alasan menarik BamSoet dari Pansus angket KPK, ia mengakui bahwa itu otomatis ketika yang bersangkutan sebagai ketua DPR RI.

“Ya tentunya kalau ketua DPR kan memang sudah bukan anggota Pansus lagi, jadi untuk itu kita kaji duluan tetapi selain ditarik tidak digantikan artinya Partai Golkar memang sebagai amanah Munaslub luar biasa tidak mendukung lagi pelemahan KPK (melalui pansus angket,red),” ujar dia.

“Dan tentu kita melihat dalam rapat fraksi kemarin kami sampaikan bahwa ada dua hal yang tidak bisa di rekomendasikan ke Pansus, ya tentu diharapkan bahwa dua hal itu terkait dengan tata kelola internal dan yang kedua terkait dengan harmonisasi perundang- undangan dan peraturan lembaga baik itu KPK kepolisian dan kejaksaan,” pungkasnya.

Laporan: Novrizal Sikumbang

(Novrizal Sikumbang)

(Andy Abdul Hamid)