Jakarta, aktual.com – Pulau Lombok merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Bali dan dibatasi oleh Selat Lombok. Dari Bali, Anda dapat menjangkau Lombok dengan bertolak dari Pelabuhan Padang Bai dan tiba di Pelabuhan Lembar. Jarak sekitar 38 mil di antara kedua pulau ini dapat ditempuh dalam waktu kurang dari satu jam dengan kapal feri.

Nah, bagi Anda yang ingin mengajak anak dan keluarga untuk berlibur ke Lombok, ada sejumlah tempat menarik yang bisa dikunjungi. Berikut di antaranya.

1. Narmada Botanic Garden

Narmada Botanic Garden merupakan tempat dengan konsep agrowisata yang tergolong baru di Lombok. Area wisata ini sebelumnya merupakan areal persawahan seluas satu hektare yang kemudian diubah menjadi kawasan wisata. Di tempat ini, para pengunjung dapat memetik buah sendiri. Ada pula kebun bunga matahari yang memanjakan mata dengan keindahannya.

Selain itu, Narmada Botanic Garden juga dirancang dengan desain yang menarik. Ada sejumlah spot foto instagramable yang dapat dijadikan sebagai latar berfoto selfie atau beramai-ramai. Salah satunya adalah rumah hobbit yang berbentuk unik dan khas. Narmada Botanic Garden terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

2. Pantai Sire
Objek wisata selanjutnya yang wajib masuk dalam daftar itinerary Anda saat berlibur bersama keluarga di Lombok adalah Pantai Sire. Pantai ini sangat indah dan tenang sehingga cocok untuk bersantai sambil menikmati momen kebersamaan. Pesisir pantai yang landai dan berpasir putih merupakan keunggulan utamanya.

Di Pantai Sire, selain bermain di pantai, Anda bisa berenang, snorkeling, maupun bermain kano. Anak-anak pasti akan menyukai kegiatan di alam bebas seperti ini. Untuk mencapai Pantai Sire, Anda harus berkendara sejauh 43 km dari Kota Mataram. Aksesnya pun cukup mudah.

3. Lombok Elephant Park
Salah satu objek wisata terbaru yang ada di Lombok saat ini adalah Lombok Elephant Park. Objek wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengajak keluarga atau anak-anak. Di Lombok Elephant Park, para pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan gajah, bahkan dapat menaiki gajah sambil berkeliling kebun binatang.

Selain gajah, ada pula beberapa jenis binatang tropis lain yang ada di Lombok Elephant Park, seperti siamang dan burung kakaktua. Anda bisa mengunjungi objek wisata ini di Jl. Tanjung Sire, Sigar Penjalin, Lombok Utara. Rutenya cukup mudah.

4. Konservasi Penyu Gili Trawangan
Anda pun dapat mengajak si kecil untuk bertemu dengan penyu di kawasan konservasi yang ada di Gili Trawangan. Pulau kecil ini memiliki tempat penangkaran penyu yang memungkinkan pengunjung untuk melihat penyu dari dekat.

Pada waktu-waktu tertentu, penyu-penyu yang sudah cukup dewasa akan dilepaskan ke laut lepas. Proses pelepasan ini merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan, termasuk bagi anak-anak.

Inilah beberapa tempat wisata yang ramah anak serta cocok untuk dikunjungi bersama anggota keluarga di Lombok. Berlibur ke tempat-tempat ini tidak akan membuat Anda menyesal. Karena itu, segeralah booking tiket pesawat ke Lombok melalui aplikasi Airy. Dengan membeli tiket pesawat online secara praktis seperti ini, persiapan liburan akan lebih praktis.

Perlu diketahui bahwa tiap transaksi di Airy dijamin keamanannya dan bebas dari penipuan. Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan fitur refund dan reschedule apabila mengalami kendala sebelum keberangkatan. Dengan fitur ini, Anda pun akan lebih fleksibel saat mengatur jadwal liburan.

Untuk masalah akmodasi, tak perlu cemas, karena Airy juga menyediakan beragam hotel di Lombok dengan kualitas terbaik, tentunya juga dengan harga yang bersaing. Menarik, bukan? Yuk, liburan ke Lombok!

(Zaenal Arifin)