Jakarta, Aktual.com – TNI-Polri kerahkan personel Gabungan TNI-Polri untuk mengamankan demonstrasi bertajuk Aksi 1812. di Monas-Harmoni. Hal itu sesuai dengan lokasi yang menjadi pusat konsentrasi massa.

pengamanan yang dilakukan di Kawasan Monas bisa dilihat dari Jalan Silang Medan Merdeka Timur Laut yang mengarah ke Jalan Medan Merdeka Utara dengan menempatkan pagar kawat siap pasang dan sejumlah mobil brimob serta pasukan yang terus berpatroli. Tidak hanya itu, saat kami menyusuri di Kawasan Harmoni, dari arah Jalan Veteran menuju perempatan Harmoni juga dilakukan kegiatan serupa.

Meski begitu, saat ini belum ada titik jalan yang ditutup selain yang dari arah Jalan Veteran menuju Jalan Majapahit. Sehingga bagi masyarakat yang ingin langsung ke arah Jalan MH Thamrin harus berkendara ke arah Tanah Abang kemudian menuju Jalan Abdul Muis dan menembus hingga Jalan Medan Merdeka Barat.

Sebelumnya, beredar selebaran, massa yang mengatasnamakan Anak NKRI akan turun ke jalan untuk menggelar Aksi 1812 di depan Istana, Jakarta Pusat pukul 13.00 WIB, Jumat (18/12). Aksi itu mengambil tema ‘Tegakkan Keadilan, Selamatkan NKRI’.

Ada empat tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi demo tersebut, antara lain usut tuntas kasus pembunuhan enam laskar FPI, bebaskan Rizieq Shihab tanpa syarat, setop kriminalisasi ulama, dan setop diskriminasi hukum.

(Warto'i)