Jakarta, Aktual.com-Suhu politik menjelang Pilkada DKI Jakarta makin memanas. Perseteruan terbuka terjadi antara Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. Amien menyebut Ahok tidak mengerti ajaran agama, khususnya Islam.

“Ya si Ahok itu belajar Islam yang benar ya, kan nggak tahu Agama Islam, enggak tahu apa-apa dia Islam itu agama yang kaffah, Islam itu bicara soal keadilan, soal kesehatan, soal pendidikan, soal akhlak, soal politik dan lain-lain ya. Jadi seorang khatib tentu melihat hal-hal yang relevan,” ujarnya Di acara Mudzakarah Ulama dan Tokoh Nasional di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Rabu (14/9) malam.

Pernyataan Amien ini merespon tanggapan Ahok saat mengomentari isi khotbah salat Idul adha di Masjid Rumah Sakit Islam Sukapura, Jakarta Utara, Senin (12/9) kemarin. Saat itu Amien mengingatkan rakyat Jakarta untuk tidak memilih pemimpin yang suka menggusur.

Ahok menyebut isi khotbah Amien politis dan melanggar surat edaran Majelis Ulama Indonesia (MUI).”Suruh (Amien Rais) baca imbauan MUI,” kata Ahok kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (14/9).

Namun menurut Amien isi khotbah yang iya sampaikan relevan dengan kondisi Jakarta saat ini.

“Ya karena rakyat Jakarta mau Pilkada makanya saya sisipkan satu paragraf hati-hati, itu bukan memperalat khotbah, bukan. Kalau misalnya saya di daerah yang dimana akhlaknya amburadul, saya bicara tentang moral, kalau saya bicara tentang kemiskinan Islam itu tidak membicarakan kemiskinan, sehingga saya akan berbicara bagaimana cara-cara kesejahteraan rakyat,” tegasnya.

Mantan Ketua MPR RI itu geram dengan tanggapan Ahok.”Kalau saya bicara di depan akademisi, ya pentingnya ilmu pengetahuan, jadi saya kira si Ahok itu memang sontoloyo, dia enggak tahu agama dia,”tegasnya.

()