Jakarta, Aktual.com — Afni, warga Riau sekaligus ibu dari putri bernama Hanina (3,5 tahun), melayangkan surat terbuka yang ditujukan kepada Ibu Negara Hj. Iriana Jokowi.

Isi surat itu meminta belas kasih kepada ibu negara yang juga seorang ibu yang melindungi anak-anaknya. Begitu pula dengan ribuan ibu yang kini tengah berjuang melawan bencana kabut asap yang melanda tiga bulan lamannya.

“Saya menulis dan terus menulis, karena bencana di negeri kami masih tak habis-habis. Saya hanya bisa berikhtiar lewat tulisan. Sisanya saya berdoa kepada Allah SWT, semoga memaafkan segala dosa dan segera mengampuni kami dengan menurunkan hujan,” kata Afni dalam surat terbukannya yang diterima awak media, di Jakarta, Jumat (23/10).

Bu Iriana, sambung Afni, anda seorang Ibu, pasti jauh lebih mengerti dan bisa merasakan apa yang para Ibu-ibu di lokasi bencana asap rasakan. Sebagai seorang Ibu pasti tidak akan rela dan tega saat melihat anak-anak yang mereka cintai ada yang menyakiti. Tapi sekarang didepan mata kami, anak-anak kami hidup tersiksa karena asap ini.

“Sudah berbulan-bulan lamanya anak-anak kami tinggal di negeri bencana. Udara kualitas berbahaya terpaksa harus mereka hirup siang dan malam, 24 jam tanpa jeda..!,” ucap Afni.

Udara bercampur racun itu harus mereka hirup jika mereka ingin tetap hidup. Sesak nafas mereka saat menghirup racun itu menusuk hingga ke jantung kami para ibu. Sakit rasanya melihat hak hidup sehat mereka direnggut paksa.

“Saya yakin, Ibu Iriana pasti bisa merasakan sakit yang saya rasakan itu, meski saat ini Ibu tengah duduk di ruangan ber-AC. Saya sungguh percaya, hati seorang Ibu (siapapun dia, seorang Ibu rakyat jelata hingga seorang Ibu Negara) pasti memiliki hati terluas penuh cinta kasih,” tandasnya.

Sebelumnya Afni juga pernah membuat surat tebuka yang ditunjukan kepada Presiden Joko Widodo.

()