Suasana kemacetan lalu lintas di Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (28/11/2016). Menurut survey bank data media internasional Numbeo, Jakarta menempati peringkat ke-17 sebagai kota termacet di dunia dan memiliki indeks kemacetan 237,25 dengan rata-rata waktu tempuh di jalan 48,57 menit one way. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan pihaknya telah menyiapkan langkah antisipasi pengamanan jelang libur panjang pada Sabtu 22 hingga Senin 24 April 2017.

“Kami menyiapkan agar lalu lintas libur yang cukup panjang ini lancar, nyaman, aman sampai tujuan,” katanya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (21/4).

Koordinasi dengan beberapa Polda mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan baik pada objek wisata dan pusat-pusat keramaian juga dilakukan. Diantaranya di Polda Metro Jaya Polda Jawa Barat, Polda Banten, Polda Lampung dan Polda Jawa Tengah dengan dibackup Korlantas Polri.

Personil yang diterjunkan, kata Royke, disiagakan pada titik-titik yang berpotensi menimbulkan kemacetan. Adapun anggota yang disiapkan diantaranya menjaga titik di keluar masuk di Tol Jagorawi, Tanggerang hingga Cikampek.

“Kami sudah membagi anggota personil menjaga baik ke arah tol Tanggerang, Jagorawi, Cikampek dan ke arah Cipularang, dan seterusnya arah Cirebon menuju Jawa Tengah,” terang Royke.

Untuk menjaga kelancaran masyarakat untuk libur panjang menuju tempat wisata, polisi menempatkan sejumlah anggota personil kepolisian. Diperkirakan kepadatan lalu lintas di tempat-tempat wisata terjadi pada hari Sabtu dan Minggu.

“Untuk masyarakat berlibur ke tempat wisata, Kalau dalam kota, tentu pasti, kami sudah tahu, Ragunan, Ancol, Taman mini, Monas, begitu juga tempat wisata di Bandung, jangan kan arus longweekend, hari-hari biasa saja sudah,” ujar Roycke.

Jumlah petugas yang disiapkan masing-masing Polda sebanyak 945 personil serta penambahan pasukan dari Korlantas Polri sebanyak 500 personil.

(Fadlan Syam Butho)

()