Home Peristiwa Internasional Anwar Ibrahim Tegaskan Sabah Bagian dari Malaysia

Anwar Ibrahim Tegaskan Sabah Bagian dari Malaysia

Ketua Oposisi Parlemen Malaysia Anwar Ibrahim menolak langkah sejumlah aparat pemerintah Filipina yang mempersoalkan kedaulatan Malaysia atas Sabah. Anwar secara tegas mengatakan Sabah adalah bagian yang tak terpisahkan dari Malaysia.

“Sabah adalah bagian dari Malaysia. Keputusan itu dibuat oleh rakyat Sabah pada 1963,” ujarnya di Kuala Lumpur Kamis (3/9) kemarin, dilansir dari Bernama.

Karena itu bagi Anwar, dirinya akan mendukung setiap upaya pemerintah untuk mempertahankan kedaulatan Malaysia atas Sabah. Rakyat Malaysia, ungkapnya, pasti akan bersatu untuk mempertahankan setiap inci wilayah Malaysia.

Anwar pun meminta pemerintahan Malaysia dan Filipina untuk lebih berfokus menangani Covid-19 ketimbang mendorong provokasi kedaulatan kedua negara. Anwar percaya jika penanganan Covid-19 dilakukan dengan baik, maka masa depan rakyat di kedua negara akan lebih sejahtera.

“Ini waktunya untuk memberikan perhatian pada usaha memerangi Covid-19, membantu jutaan keluarga miskin dan golongan yang tidak mampu dan terdampak krisis ekonomi. Ini harus dilakukan agar masa depan rakyat Malaysia dan Filipina lebih aman dan lebih makmur,” jelas dia.

(Megel Jekson)