Jakarta, Aktual.com — PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) sebagai BUMN yang fokus dan konsisten mengembangkan infrastruktur bagi peningkatan pemanfaatan gas bumi di Indonesia, terus berusaha memperluas basis pelanggan di berbagai segmen konsumen. Kebijakan PGN ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong penggunaan gas bumi, sehingga dapat mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap impor energi.

Untuk meningkatkan penggunaan gas bumi, PGN senantiasa melakukan inisiatif dan terobosan baru. Hal tersebut tidak hanya dilakukan kepada para calon pelanggan, melainkan juga kepada para pelanggan setia. Sebagai bentuk apresiasi terhadap loyalitas pelanggan tersebut, hari ini PGN membagikan sebanyak  550 water heater kepada pelanggan rumah tangga dan 50 konverter kit kepada pelanggan industri.

Sekretaris Perusahaan PGN Heri Yusup menjelaskan, pelanggan merupakan salah satu kunci utama pemanfaatan gas bumi, selain ketersediaan pasokan dan terbangunnya infrastruktur. Melalui peningkatan jumlah pelanggan, maka diharapkan pembangunan infrastruktur dan alokasi gas yang semakin besar dapat dioptimalkan.

“PGN memberikan apresiasi tinggi terhadap pilihan masyarakat untuk menggunakan gas bumi. Sebagai energi baik yang terbukti ramah lingkungan, efisien dan aman, penggunaan gas bumi telah memberikan banyak manfaat kepada ribuan rumah tangga Indonesia,” jelas Heri Yusup di Jakarta, Kamis (17/12).

Saat ini PGN memiliki lebih dari 100 ribu pelanggan rumah tangga. Pelanggan PGN untuk Rumah Tangga tersebar di berbagai wilayah seperti Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Berkat konsistensi dan komitmen tinggi dalam pengembangan pemanfaatan gas bumi, PGN juga telah mendapatkan penugasan dari pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM untuk mengelola Jaringan Gas (Jargas) di 11 kota/kabupaten dengan pelanggan sebanyak lebih dari 43.000 rumah tangga.

“PGN akan terus mendukung dan bekerjasama dengan pemerintah untuk mempercepat dan memperluas penggunaan gas bumi di berbagai kota di Indonesia,” tandas Heri.

Selain sektor rumah tangga, dukungan PGN terhadap pertumbuhan ekonomi adalah dengan menyediakan sumber energi gas bumi yang bersih, aman, serta ekonomis. Sektor Industri di dukung PGN termasuk sektor industri berskala Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM). Melalui penggunaan gas bumi, para pengusaha UMKM dapat memangkas biaya energi, sehingga usahanya dapat berkembang semakin optimal.

“Memasuki usia setengah abad PGN di tahun 2015 ini, perusahaan akan terus berusaha menjadi pilar penting bagi pendorong percepatan konversi energi ke gas bumi. PGN juga akan terus berusaha meningkatkan pelayanan terbaik kepada pelanggan, sehingga setiap konsumen dapat mendapatkan manfaat yang optimal dari penggunaan gas bumi,” pungkasnya.

(Eka)