Jakarta, Aktual.com – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai keputusan memberhentikan Archandra Tahar dari kursi Menteri ESDM, menunjukan adanya kecerobohan presiden dalam memilih pembantunya.

“Menurut saya ini salah satu kecerobohan, ketidakcermatan Presiden dalam memilih para pembantunya dalam hal ini menteri ESDM yang sudah diberhentikan tadi malam,” kata Fadli disela-sela acara Sidang Tahunan MPR RI, di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (16/8).

Menurut dia, dalam rekrutmen terhadap seorang menteri ada syarat-syarat yang harus dipenuhi secara teliti dan cermat baik dari background yang menyangkut pendidikan, status kewarganegaraan satu hal yang paling standar dilakukan.(Baca: Presiden Jokowi Copot Menteri Arcandra, Tunjuk Luhut Sebagai Plt)

“Ini juga Archandra sendiri menjadi korban, saudara Archandra ini kan putra Indonesia yang berada di luar negeri yang mempunyai keahlian yang kita butuhkan, saya kira banyak Archandra-Archandra lain di luar sana, saya juga berharap WNI yang bekerja di luar bisa kembali ke dalam negeri,”

“Tetapi hal-hal seperti administratif tidak dipenuhi Kejadian seperti ini. Ini sungguh disayangkan,” sebut politikus Gerindra itu. (Baca: Kasus Archandra, PKS: Jokowi Perlu di Interpelasi!)

 

Laporan: Novrizal

()