Jakarta, Aktual.com — Asteroid terbesar di Alam Semesta yang mengandung kekuatan satu juta ton TNT menuju Planet Bumi dan akan melewati beberapa Negara Bagian di Amerika Serikat pada 13 April 2029 mendatang.

Ya, Asteroid yang dijuluki “Dewa Kegelapan dan Kehancuran Mesir” itu berpotensi sangat berbahaya bagi kelangsungan umat manusia karena mampu menghancurkan suatu negara jika menabrak Bumi.

Asteroid Kiamat 3

Asteroid Apophis akan berdekatan jaraknya dengan Bumi dan melewati satelit komunikasi serta akan mempengaruhi lintasan gravitasi Bumi, demikian kata NASA.

13 tahun kemudian – tepatnya pada hari Jumat (13/4/2029) – Asteroid terbesar di Alam Semesta ini akan melewati Bumi sedekat 18.300 mil jauhnya, dalam orbit satelit geosynchronous yang mengikuti orbit Bumi.

Asteroid itu berada tepat di atas langit negara-negara Atlantik Utara dan Amerika Serikat. Karena begitu dekat, kita bisa melihatnya dengan mata telanjang, tanpa teleskop.

“Dengan mata telanjang manusia bisa melihatnya, sebagai titik cahaya cukup terang yang bergerak cepat melintasi langit. Namun tergantung terhadap sifat mekanik, di mana Asteroid itu bisa mengalami perubahan bentuk karena gaya pasang surut yang disebabkan oleh medan gravitasi Bumi,” demikian pernyataan resmi dari NASA.

Asteroid Kiamat 2

Perkiraan terdekat yakni, Asteroid itu akan berlalu kurang dari sepersepuluh dari jarak antara Bumi dengan Bulan.

Badan Antariksa AS bahkan menganggap batu luar angkasa terbesar itu mampu memusnahkan satelit di sekitarnya. Agar terhindar dari bahaya, NASA berencana akan mengirim pesawat ruang angkasa untuk melakukan pengamatan lebih dekat dari dampak sebenarnya.

“Dampak pastinya tidak bisa diketahui secara pasti hingga selama atau setelah 2029 pengkajian. Bahkan jika pesawat ruang angkasa yang menyertai Apophis tersebut menyediakan pengukuran posisi terbaik dalam jarak dua meter,” demikian pernyataan NASA sebelumnya.

Asteroid Kiamat 4

Namun demikian, pengamatan radar lanjutan pada tahun 2013 cukup banyak mengesampingkan Asteroid ini menuju tahun 2029 atau tahun 2036. Di mana dunia maya sempat heboh lantaran rumor yang menyatakan 20 tahun kemudian Bumi akan Kiamat.

Astronom berpengalaman akhirnya berbicara langsung untuk meredakan kepanikan massal di mana kekhawatiran timbul atas serangkaian laporan menyatakan Asteroid Apophis berada di jalur tepat menuju Bumi pada tahun 2036.

Batu berdiameter 325 meter tersebut sangat besar untuk menghancurkan seluruh wilayah atau negara tertentu. (Sumber: Huffington Post, Express.Co.UK)

()