Jakarta, Aktual.com — Tiga klub asal Kalimantan Timur, masing-masing Mitra Kukar, Pusamania Borneo FC, dan Persiba Balikpapan akan menjalani ‘away’ atau tandang ke markas lawan pada laga perdana kompetisi ‘Indonesia Soccer Championship 2016 (ISC 2016)’ yang dimulai pada 29 April mendatang.

Berdasarkan jadwal ISC 2016 yang diperoleh di Samarinda, Senin (25/04), Pusamania Borneo FC akan menyambangi kandang Bali United pada pertandingan Minggu (01/05) dan Persiba Balikpapan bertanding di markas Arema Cronus pada hari yang sama.

Sementara itu, juara Piala Panglima Jenderal Sudirman, Mitra Kukar, dijadwalkan berlaga pada Senin (02/05) di kandang Perseru Serui, Papua.

Ketiga tim asal ‘Benua Etam’ itu baru menjamu lawan-lawannya pada pertandingan kedua, yakni Persiba bertemu Sriwijaya FC di Balikpapan pada Jumat (06/05), kemudian PBFC menghadapi Persib Bandung di Stadion Segiri Samarinda, Sabtu (07/05), dan Mitra Kukar ditantang Barito Putera di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Senin (09/05).

Pelatih Mitra Kukar Subangkit ketika dihubungi wartawan mengatakan, bahwa timnya terus mematangkan persiapan untuk menghadapi laga perdana ISC dan tidak masalah harus berlaga di luar kandang terlebih dulu.

“Kalau melihat jadwal yang sudah dirilis, sepertinya rencana uji coba ke Pulau Jawa sudah tidak memungkinkan karena waktunya sangat mepet. Kami akan maksimalkan program latihan di Tenggarong dan uji coba dengan tim lokal,” katanya.

Subangkit sebelumnya berharap timnya melakukan laga uji coba dengan tim yang punya kekuatan sepadan untuk memantapkan persiapan, namun dengan jadwal laga yang mepet, rencananya itu dipastikan batal.

“Komposisi pemain sudah hampir lengkap, tinggal mencari tambahan satu pemain asing asal Asia yang sedang diupayakan manajemen,” tambahnya.

Sementara itu, Persiba Balikpapan dan PBFC juga terus menggenjot program latihan untuk persiapan akhir menuju ISC.

Persiba yang akan bertandang ke markas tim tangguh Arema Cronus, telah menjalani uji coba melawan Tim PON Kaltim pada Sabtu (23/4) yang berakhir imbang tanpa gol.

“Uji coba ini bagian dari persiapan kami untuk mematangkan taktik dan strategi sebelum berangkat ke Malang akhir pekan ini,” kata pelatih Persiba Jaino Matos.

(Antara)

()