Jakarta, Aktual.com — Rombongan pimpinan DPR yang sedang berada di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji akan menemui Raja Salmabn bin Abdul Aziz, untuk membahas kejadian Mina yang menewaskan ratusan orang pada Kamis (24/9) kemarin.

“Saya berpendapat saat ini sudah waktunya penyelenggaraan ibadah haji harus melibatkan seluruh negara di dunia, khususnya negara dengan penduduk Islam terbesar seperti Indonesia, agar seluruh permasalahan haji berikut langkah-langkah penyelesaiannya dapat meminimalisasikan insiden seperti yang terjadi di Mina kemarin. Saya akan mengutarakan langsung pendapat saya ini kepada Raja Arab Saudi, Raja Salman, yang mengundang saya dalam pertemuan hari ini pukul 13.30 waktu setempat,” kata Ketua DPR Setya Novanto dalam keterangan tertulisnya, jumat (25/9).

Selain itu, dirinya juga meminta organisasi negara Islam dunia (OKI) menindaklanjuti hal yang perlu dilakukan dalam merespon insiden Mina.

“Kepada Pemerintah kita, dalam hal ini Presiden Jokowi, saya harap dan yakin jika beliau akan ikut menyuarakan dan berkontribusi penuh dalam permasalahan ini. Sekaligus ikut memberikan solusi bagaimana penyelesaian permasalah Mina agar tidak terulang pada musim haji berikutnya,” tambahnya.

Sebelumnya, ratusan jamaah haji meninggal dunia dan luka-luka dalam insiden yang terjadi di Mina, Makkah, saat rombongan haji melakukan prosesi lempar jumroh, Kamis (24/9) waktu setempat.

()