Ilustrasi-Ibadah Haji dan Umrah

Jakarta, Aktual.com – Baru membuka penerbangan Umrah selama delapan hari, Kementerian Agama hentikan sementara pemberangkatan umroh ke Arah Saudi.

Menurut Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Hilman Latief penghentian pemberangkatan jamaah umroh hanya sampai tanggal 15 Januari 2022 dan dihentikan sementara dalam rangka evaluasi.

“Hanya sampai tanggal 15 Januari 2022 dan kita coba hentikan sementara dalam rangka evaluasi,” ujar Hilman dalam keterangan resminya Minggu (16/1).

Hilman mengatakan bahwa tujuan penghentian sementara pemberangkatan umroh ini untuk mengevaluasi skema One Gate Policy (OGP) dan memantau perkembangan varian Omicron di Indonesia dan Arab Saudi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementrian Agama telah membuka kembali pemberangkatan umroh ke Arab Saudi dengan sistem one gate policy (OGP) yaitu kebijakan sistem pemberangkatan jamaah secara terpusat, yang telah ditetapkan Kemenag. Aturan ini mengatur seluruh jamaah umroh berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta dan menjalani karantina di Jakarta.

Skema OGP sendiri mewajibkan seluruh jamaah umrah menjalani karantina selama sehari sebelum terbang ke Arab Saudi melalui Bandara Soekarno Hatta. Setibanya di Asrama Haji Pondok Gede, mereka langsung melakukan screening kesehatan dan kelengkapan dokumen, termasuk pemeriksaan PCR standar dari Kementerian Kesehatan.

Sejak pengiriman pertama jemaah Umrah pada 8 Januari 2022 lalu, sudah sekitar 1.731 jamaah telah berangkat melalui Asrama Haji Embarkasi Pondok Gede Jakarta.

Hal ini dilakukan saat pemerintah Arab Saudi mencabut larangan terbang atau suspend penerbangan umrah dari Indonesia terhitung mulai 1 Desember 2021.

Penutupan penerbangan umroh sendiri sempat ditutup Pada Februari 2021 lalu akibat penyebaran virus corona.

(Dede Eka Nurdiansyah)