Juru Kunci Gunung Bawakaraeng, Tata Mandong (50).

Makassar, Aktual.com – Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Makassar, berhasil menemukan Juru Kunci Gunung Bawakaraeng, Tata Mandong (50), karena terjatuh dan terjebak di Desa Panaikang menuju Lembah Ramma, gunung setempat.

“Informasi diterima, Tata Mandong cedera dan mengalami pendarahan, tim sedang menuju kesana untuk melakukan evakuasi terhadap korban,” kata Kepala Basarnas Makassar, Amiruddin saat dihubungi wartawan, Kamis (4/5).

Menurut dia, dugaaan sementara pria yang biasanya berprofesi sebagai pemandu jalan menuju puncak Bawakaraeng di Kabupaten Gowa, terjatuh kemudian mengalami pendarahan sehingga tidak mampu berjalan pulang.

Saat diketahui informasi itu, kata Amiruddin, tim diberangkatkan menuju lokasi sekitar pukul 09.10 WITA dengan menggunakan truck dan personil dilengkapi dengan peralatan pendukung lainnya untuk dilakukan evakuasi.

Sementara tim SAR Mapala Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mendapat kabar pukul 00.00 WITA terjadi kecelakaaan di Gunung Bawakaraeng melalui samabungan Handy talky (HT).

Tim tergabung masing-masing Sandi Catra, Andi Reza Fahri dan Sabaruddin bersama satu orang dari KSR UMI kemudian memutuskan menuju ke lokasi karena infomasi diterima belum jelas.

“Infonya masuk ke sekretariat tengah malam pada pukul 00.00 wita. Tapi infonya belum jelas, makanya tim diberangkatkan pagi tadi bersama tim Basarnas,” ujar Rizal.

Hingga saat ini lanjut Rizal, informasi yang dihimpun, sudah ada tim yang bergerak dari Desa Panaikang menuju lembah Ramma untuk melakukan evakuasi terhadap korban Tata Mandong.

“Syukurlah sudah dievakuasi dan korban dalam keadaan selamat meski sedang dirawat di rumahnya dan rencana akan di bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis,” katanya saat dihubungi.

Diketahui Tata Mandong merupakan warga sekitar yang bermukim di kaki Gunung Bawakarang dan berdomisili di Lembanna, Kabupaten Gowa.

Lokasi Lembanna adalah titik poin pertama saat ingin melakukaan pendakian dan tempat istirahat para pendaki baik sebelum naik maupun turun Gunung. Tata Mandong dikenal sebagai juru kunci sekaligus pemandu pendaki yang sangat ramah bila mengantar pendaki menuju puncak maupun menikmati gunung tersebut.

 

Ant.

()