Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

Jakarta, Aktual.com – Berdasarkan survei terbaru dari Poltracking Indonesia, Menteri BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) tertinggi di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute (TII), Ahmad Hidayah mengatakan Jawa Tengah yang merupakan basis suara dari Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginginkan agar Erick Thohir menjadi Wakil Presiden (wapres) Indonesia selanjutnya.

“Basis suara Jokowi dan Ganjar Pranowo menginginkan Erick Thohir jadi cawapres,” terang Ahmad, Sabtu (17/12).

Ahmad menerangkan, orang nomor satu di Kementerian BUMN ini mempunyai benang merah atau brand connection dengan Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo.

Di mana Erick Thohir terbukti menjadi menteri andalan dan kepercayaan dari Presiden Jokowi.

Mantan bos Inter Milan ini juga memiliki banyak keberhasilan dalam membantu Presiden Jokowi menjalankan pemerintahan.

Mulai dari penanggulangan pandemi Covid-19, pemulihan ekonomi nasional, pembenahan BUMN, pemberantasan korupsi, penyelamatan dunia sepak bola Indonesia hingga menyukseskan pernikahan Kaesang Pangarep.

Dengan segudang pengalaman ini, Ganjar Pranowo yang memiliki karakteristik kepemimpinan yang sama dengan Presiden Jokowi dilihat membutuhkan Erick Thohir sebagai pendamping oleh masyarakat Jateng.

“Ada benang merahnya antara Presiden Jokowi, Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. Masyarakat Jateng mendambakan kepemimpinan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir,” tutur Ahmad.

Perlu Diketahui, Erick Thohir menjadi cawapres terkuat di Jateng saat ini berdasarkan hasil temuan Poltracking Indonesia. Berdasarkan survei, ia memiliki elektabilitas sebesar 25,4 persen dan menempati posisi pertama.

Sedangkan posisi ke dua yakni Ridwan Kamil hanya memiliki elektabilitas 10,4 persen.

(Wisnu)