Jakarta, Aktual.com – Ketua Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Abhan menghimbau semua partai politik untuk mengusung calon legislatif (Caleg) yang memiliki rekam jejak yang bersih.

“Kami (Bawaslu) keliling ke 16 parpol dan menghimbau agar parpol mencalonkan orang-orang yang bersih yang amanah, kita semua berkomitmen agar masalah korupsi hilang dari negara kita,” kata Abhan di Kantor DPP perindo, Jakarta Pusat, Selasa (3/7).

Dalam dua hari ini, Bawaslu mengadakan safari ke sejumlah parpol untuk mensosialisasikan pengawasan pencalonan Pileg dan Pilpres 2019. Partai yang disambangi antara lain adalah Golkar, Hanura, Perindo, PBB dan PSI.

Terkait Perindo, Abhan menilai jika partai pimpinan Harry Tanoesoedibjo ini sudah mempunyai pakta integritas para pengurus atau kader.

Karenanya, Bawaslu menghimbau Perindo mengusung caleg yang tidak bermasalah seperti mantan napi teroris, mantan napi kasus narkotika dan mantan napi kasus korupsi.

“Mudah-mudahan nanti dalam praktiknya betul Perindo dari pencalonan dari DPR Kabupaten sampai RI benar-benar orang yang bersih dan tidak punya record jelek atau bermasalah hukum, ” ujar.

Sementara itu, di tempat yang sama Hary Tanoe mengapresiasi kunjungan Bawaslu untuk mensosialisasikan pengawasan pencalonan di Pileg.

“Kita akan pilih caleg yang bersih di Pemilu 2019,” jelasnya.

(Teuku Wildan)