Proses penghimpunan bantuan yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak, Provinsi Riau yang salah satunya menyasar ke sekolah-sekolah. (ANTARA/HO-Baznas Siak)

Jakarta, Aktual.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak, Provinsi Riau, sukses menghimpun dana donasi senilai Rp2,1 miliar guna memberikan bantuan kepada warga Palestina yang tengah menghadapi krisis.

“Alhamdulillah, Siak ini negeri yang berkah. Agaknya ini adalah buah dari kedermawanan para pendahulu (Sultan Siak) sehingga kita yang ditinggali bisa mencontoh amalan baik Sultan Siak ini,” kata Ketua Baznas Kabupaten Siak Samparis bin Tatan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (29/11).

Sultan Siak, dalam sejarahnya, memberikan donasi sebesar 13 juta gulden untuk kemerdekaan Indonesia, dan hal ini dianggap sebagai nilai-nilai luhur yang masih dipegang teguh oleh masyarakat Siak.

Menurut Samparis, dana donasi berasal dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk unsur pemerintah, sekolah, komunitas, organisasi masyarakat, perusahaan, dan lainnya.

Salah satu sumbangan terbesar datang dari Pemerintah Kabupaten Siak, yang menyumbangkan dana sebesar Rp337.360.000. Sumbangan ini dihimpun melalui partisipasi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Siak. Bupati Siak, Alfedri, mengucapkan terima kasih kepada ASN yang telah berkontribusi, berharap bahwa aksi ini dapat dianggap sebagai bentuk amal ibadah bagi seluruh pihak yang terlibat.

Donasi senilai Rp2,1 miliar ini dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama, sebesar Rp1,35 miliar, telah disalurkan melalui Baznas RI pada 13 November 2023, dan diterima langsung oleh Pimpinan Baznas RI Bidang Koordinasi Nasional, Achmad Sudrajat. Sementara sisanya, sebesar Rp775 juta, masih dalam proses penyaluran melalui Baznas RI.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Sandi Setyawan

Tinggalkan Balasan