Jakarta, Aktual.com – Liburan akhir tahun dan pergantian tahun memang sudah berlalu. Kini orang-orang sudah banyak yang kembali ke aktifitas pekerjaan seperti biasa setelah libur panjang yang didapatkan.

Namun bagi yang belum mendapatkan jatah libur di akhir tahun dan mendapatkannya setelah tahun baru, pasti berpikir jika liburannya tidak semenarik dan mengasyikan seperti saat liburan pergantian tahun bersama teman.

Sebenarnya tidak seperti itu, pada dasarnya liburan dilakukan kapanpun bisa saja menarik dan menyenangkan. Meski waktu liburan juga singkat dan dilakukan setelah tahun baru, tapi ada beberapa cara untuk membuat liburan itu maksimal dan tentunya mengasyikan.

Mau tahu bagaimana memaksimalkan liburan di waktu yang singkat serta setelah masa liburan berakhir? Nah, di bawah ini akan kami berikan beberapa tipsnya, simak ya!

1. Pastikan Tempat Tujuan dari Liburan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum liburan adalah memilih tempat atau kota tujuan untuk berlibur. Sebaiknya pilih tempat liburan yang tidak terlalu jauh mengingat jika liburan saat ini adalah liburan singkat dan dilakukan setelah tahun baru.

2. Pilih Destinasi Wisata yang Tidak Terlalu Ramai

Pilihlah destinasi wisata yang tidak ramai agar bisa menikmati relaksasi yang sebenarnya. Destinasi wisata yang terlalu ramai dikunjungi biasanya akan membuat tidak terlalu nyaman.
Apalagi jika liburan hanya mempunyai waktu yang singkat, datang ke tempat wisata yang ramai akan membuat liburan terasa tidak maksimal karena kurang menikmatinya.

3. Tidak Perlu Terlalu Banyak Rencana

Cobalah untuk berlibur yang sebagaimana mestinya. Maksudnya jangan terlalu padat dalam menjadwalkan hal-hal yang akan dilakukan saat liburan. Jadwalkan seperlunya saja, lainnya bisa dilakukan jika ada kesempatan lagi.

4. Packing Barang Seperlunya

Bawa barang yang sekiranya memang perlu dan akan digunakan di saat liburan. Jangan terlalu membawa banyak barang untuk liburan yang singkat karena akan membuat lebih ribet. Siapkan tas yang ukurannya tidak terlalu besar sehingga bisa memperkirakan barang apa saja yang akan dibawa.

(Abdul Hamid)