Presiden BEM UI, Leon Avinda Putra saat mengikuti Dialog Aktual, Jum'at (8/10).

Jakarta, Aktual.com – Presiden BEM UI Leon Avinda Putra berharap agenda PON XX Papua bisa membangun ekonomi masyarakat Papua hal ini di sampaikan pada Dialog Aktual dengan tema “PON XX dan Keterlibatan Orang Papua” Jum’at (8/10).

Leon mengatakan bahwa ia berharap masyarakat Papua merasakan keuntungan atas sarana infrastruktur yang telah dibangun.

“Ada tiga hal yang harus diperhatikan selama PON. Pertama adalah sarana infrastruktur untuk PON XX memiliki multipier effect , artinya diharapkan bisa meningkatkan wirausaha dan perekonomian rakyat Papua.” ujarnya.

Selanjutnya, bagi Leon infrastruktur yang telah dibangun diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pemerintah daerah setempat.

“Jangan sampai pemerintah daerah setempat tidak merawat infrastruktur yang telah dibangun selama bertahun-tahun.” Ungkap Ketua BEM UI ini.

Aspek ketiga yaitu talenta-talenta atlet di Papua juga bisa dikembangkan dengan adanya stadion ini. Harapannya, atlet-atlet Papua bisa bersaing baik di kancah nasional maupun internasional jika atlet-atletnya dilatih.

Selain itu, Presiden BEM UI ini juga berharap bahwa infrastruktur yang tersedia bisa dimanfaatkan sebagai sarana pariwisata. Sarana pariwisata nantinya akan menguntungkan bagi masyarakat Papua itu sendiri.

Diwaktu yang sama IKA Lemhamnas, Andrea H Poeloengan mengatakan bahwa Pelaksanaan PON XX Papua sebagai bentuk menjaga hubungan anak bangsa.

“Kita yang harus ciptakan hal ini mentransformasi hubungan satu sama lain. Dengan meredam kekerasan, membangun narasi positif di Papua” ungkapnya.

(Shavna Dewati/Arie)

(Arie Saputra)