Dari 13 pos yang dibangun itu, sembilan unit diantaranya berada di Kota Ternate, dua di Kota Tobelo Halmahera Utara dan dua pos lainnya berada di Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan.

Sedangkan, untuk posko gabungan Siaga Khusus Lebaran sendiri, anggota Basarnas sudah terpencar di beberapa titik diantaranya Bandara Sultan Babullah, Pelabuhan Dufa-Dufa, Pelabuhan Pelni Ahmad Yani Ternate, Pelabuhan Armada Semut, Pelabuhan Speedboat Bastiong, Pelabuhan ASDP Ternate dan tempat wisata.

Untuk Posko Siaga Lebaran di luar Ternate, tentunya seluruh personel telah disiagakan di Pos Sar Tobelo dan Unit Siaga SAR Bacan, agar bisa memantau arus mudik jelang lebaran. Karena sampai sejau ini masih arus mudik masih aman.

Sementara itu, Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah ketika dihubungi sebelumnya mengimbau kepada masyarakat apabila hendak berpergian utamakan safety first, apabila ada suatu musibah kondisi yang membahayakan langsung saja telpon ke Basarnas via Emergency Call 115 bebas Pulsa serta No telpon (0921) 3120069 dan akan membantu 24 jam.

(Abdul Hamid)