Jakarta, Aktual.co — Menteri Pariwisata Arief Yahya diklaim sebagai salah satu alumnus Universitas Berkley yang diduga sebagai universitas bodong. Pernyataan itu disampaikan  Rektor Universitas Berkley, Jakarta, Liartha S. Kembaren.
Lia mengaku gembira karena salah satu alumninya masuk dalam jajaran kabinet Jokowi-JK.  Lia menjelaskan, kalau Arief Yahya pernah mengambil kuliah program selama dua tahun di Universita Berkley.
“Saya lupa pastinya, tapi sekitar tahun 2000-an,” ujarnya, saat dihubungi, Selasa (2/6).
Menurut Liartha, saat itu Arief masih menjabat petinggi PT Telkom. Sebelum bergabung dengan Kabinet Kerja, Arief memang pernah memimpin perusahaan telekomunikasi itu pada 2002-2013. 
Nama Arief Yahya juga tercantum dalam situs Universitas Berkley dengan posisi sebagai General Manager PT Telkom Jakarta Barat.
Seperti diketahui, University of Berkley, Michigan, membuka cabang di Jakarta melalui kerja sama dengan Lembaga Manajemen Internasional Indonesia (LMII). Liartha adalah rektor universitas itu sekaligus Ketua LMII. 
Dalam situs resminya, LMII mempublikasikan daftar alumni yang meraih gelar PhD dari kampus tersebut. Sejumlah nama beken, seperti Arief Yahya, anggota DPR Kamarudin Watubun dan Lili Asdjudiredja, mantan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Inspektur Jenderal Hadiman, serta mantan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Alexander Bambang Riatmodjo, ada dalam daftar tersebut.

()