JAKARTA, Aktual.com – Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) menggelar aksi donor darah dan sosialisasi pencegahan COVID-19 tanggal 22 Juni 2021.

Sekjen DPP PPP Arwani Tomafi mengatakan, aksi donor darah digelar di kantor DPP PPP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

“Kami bekerja sama dengan rekan-rekan dari Angkatan Muda Kabah (AMK),” kata Arwani di sela-sela acara aksi donor,  Selasa (22/6/2021).

Arwani menjelaskan, ketersediaan bank darah, khususnya di DKI Jakarta merupakan tanggung jawab bersama dan sangat dibutuhkan.

“Dalam kondisi dunia seperti sekarang, ketersediaan stok darah sangat urgent. Kita semua harus memastikan itu,” ujarnya.

Dijelaskannya, donor darah ini adalah misi kemanusiaan. PPP dan AMK mengadakannya dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia.

“Kami berharap kegiatan ini tidak hanya sampai di sini saja, tapi terus dilakukan di bulan-bulan berikutnya, atau mungkin PPP bisa jadi kami akan menggelar kegiatan donor darah serentak se-Indonesia dalam rangka usaha menyelamatkan nyawa kehidupan manusia dan menjaga keberlangsungan kehidupan komunitas manusia,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Pimpinan Nasional AMK Rendhika D Harsono mengatakan, selain mengadakan aksi sosial donor darah, pihaknya juga melakukan sosialisasi cara mencegah penyebaran virus COVID-19.

“Memang sebagian besar masyarakat Jakarta sudah tahu cara mencegah penyebaran virus COVID-19, tapi tingkat kesadarannya masih rendah. Dan kami tidak pernah bosan untuk mengingatkan kembali ke mereka,” ucap Ketua DPP PPP ini.

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mematuhi perintah dari pemerintah untuk membatasi aktivitas di luar rumah, yang diharapkan akan dapat menekan penyebaran virus COVID-19 yang saat ini kembali melonjak penderitanya.

Terpenting, katanya, dengan melakukan donor darah masyarakat akan tahu bagaimana kondisi kesehatannya. “Kalau sedang sakit, enggak mungkin diizinkan oleh kami untuk donor darah,” jelas Rendhika.

Dia mengatakan, peserta dari aksi donor darah adalah seluruh kader PPP dan AMK, baik tingkat pusat maupun daerah, khususnya DKI Jakarta. Katanya lagi, hal itu sudah diintruksikan ke seluruh kader. Selain itu, pihaknya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat.

Lanjut Rendhika, aksi donor darah ini akan dilakukan juga di seluruh wilayah wilayah Indonesia. Ungkapnya, PPP dan AMK akan melibatkan berbagai unsur masyarakat dalam pelaksanaannya. (*)

(Ridwansyah Rakhman)