Jayapura, Aktual.com – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Papua mengkalim belum ada laporan pelanggaran protokol kesehatan di 11 kabupaten peserta penyelenggara pemilihan kepala daerah di provinsi tersebut, terutama bakal calon bupati dan wakil bupati yang melakukan pendaftaran di Kantor Pemiluhan Umum (KPU) 11 kabupaten tersebut.

Anggota Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua, Ronald Michael Manoach di Jayapura, Minggu(6/9), mengatakan berkaitan dengan prokes pada saat pendaftaran, sejauh ini belum ada laporan pelanggaran prokes dari hasil pengawasan bawaslu di 11 kabupaten yang ada di Papua.

“Bawaslu sendiri sudah melakukan pencegahan dengan mengingatkan bakal calon, partai politik dan masyarakat pendukung dan simpatisan; untuk memperhatikan protokol kesehatan pada saat pendaftaran,” katanya.

“Untuk hasil pemantauan di lapangan saat ini saya sedang supervisi di Kabupaten Boven Digoel. Terlihat sinergitas yang baik antara Bawaslu,KPU dan kepolisian dengan membuat tiga lapis blokade sehingga protokol COVID-19 dapat di jalankan dengan baik,” ujarnya.

Sedangkan, kata dia, untuk antisipasi kerumunan massa pendukung, di kendalikan langsung oleh tim pendukung dari bakal pasangan calon masing-masing dan sebagai pencegahan pihak kepolisian mengarahkan untuk membubarkan diri secara teratur.

Sebelumnya, Ketua KPU Boven Digoel, Helda Ambay menyebutkan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di KPU Boven Digoel dilaksanakan sesuai dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19.

“Kami KPU Boven Digoel dalam tahapan pendaftaran, tetap kami menggunakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Kami membatasi jumlah peserta yang hadir yaitu dibagi dalam jumlah bagian besar,” katanya.

Ia menambahkan, setelah pihaknya menggelar rapat koordinasi dengan penghubung bakal calon bupati dan wakil bupati bersama gabungan partai pengusung, dan bekerjasama dengan Kapolres serta Bawaslu Kabupaten Boven Digoel, menyepakati dua zona yang diterapkan dalam pendafatara bakal calon bupati dan wakil bupati.(Antara)

(Warto'i)