Donald Trump kritik pengujian mesin roket terbaru yang dilakukan Korea Utara. (ilustrasi/aktual.com)

Washington, Aktual.com – Menteri Pertahanan Jim Mattis menegaskan, jika Korea Utara menembakkan peluru kendali ke Amerika Serikat, maka keadaan dapat meningkat menjadi perang.

“Jika mereka menembak ke Amerika Serikat, itu bisa meningkat menjadi perang dengan sangat cepat,” kata Mattis kepada wartawan seperti yang dilansir Reuters, Selasa (15/8).

Mattis pun memastikan, meski peluru kendali Korea Utara tetap diluncurkan, maka AS akan menghalau. “Kami akan menjatuhkannya.”

Ketegangan meningkat sejak Korea Utara melakukan dua uji bom nuklir pada tahun lalu dan dua uji peluru kendali balistik antara benua pada Juli. Trump mengatakan tidak akan mengizinkan Pyongyang mengembangkan senjata nuklir, yang mampu menyerang Amerika Serikat.

Korea Utara merencanakan peluncuran peluru kendali jarak menengah di wilayah Amerika Serikat di Guam pada pertengahan Agustus. Laporan rinci mengenai serangan tersebut mengindikasikan ketegangan yang meningkat antara Pyongyang dan Washington, setelah Presiden AS Donald Trump memperingatkan Korut awal pekan ini.

(Wisnu)
1
2
3