Jakarta, aktual.com – Bill Gates menganggap dirinya sebagai seorang pemimpin yang sangat ramah. Ia bahkan mencocokkan gaya kepemimpinannya dengan dua tokoh teknologi lainnya, yakni Elon Musk dan Steve Jobs.

Baru-baru ini, Gates menerima penghargaan Peter G. Peterson Leadership Excellence Award dari Economic Club of New York. Setelah seremoni, dalam percakapan, Gates ditanya tentang pembelajaran yang diperolehnya saat menciptakan budaya inovasi di Microsoft.

Pria berusia 68 tahun tersebut menyatakan bahwa pimpinan seperti dirinya kadang perlu mempertimbangkan sejauh mana tingkat ketegasan mereka dalam memimpin perusahaan yang berfokus pada inovasi.

“Semua orang berbeda. Elon memimpin dengan keras, mungkin terlalu keras. Steve Jobs memimpin dengan keras, mungkin terlalu keras,” kata Gates, seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (9/12/2023).

“Saya menganggap diri saya sebagai orang yang sangat baik dibandingkan mereka,” sambungnya diikuti dengan tertawa.

Namun demikian, Gates mengakui bahwa pemimpin yang memiliki fokus pada inovasi kadang perlu mengadopsi gaya kerja yang intens untuk meraih kesuksesan. Pada awal perkembangan Microsoft, sang mantan suami Melinda Gates mengungkapkan pengalamannya yang sering bekerja keras hingga melupakan waktu istirahat di akhir pekan dan mengesampingkan liburan.

Selanjutnya, moderator mengajukan pertanyaan kepada Gates untuk memverifikasi rumor yang beredar dalam beberapa tahun terakhir. Rumor tersebut menyebutkan bahwa mantan orang terkaya di dunia ini menghafal nomor plat kendaraan semua karyawan Microsoft agar bisa memantau mereka yang bekerja lembur.

“Plat nomornya tidak banyak. Kami hanya memiliki beberapa ratus karyawan,” kata Gates, seolah mengonfirmasi rumor tersebut.

“Saya masih bisa memberi tahu Anda kapan mereka masuk dan keluar kantor,” imbuhnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Rizky Zulkarnain

Tinggalkan Balasan