ramalan cuaca

Jakarta, Aktual.com – Pantauan kondisi dinamika atmosfer terkini terindikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode tiga hari ke depan, untuk itu masyarakat diimbau mewaspadai dampak cuaca tersebut.

“Terindikasi munculnya potensi hujan lebat pada 16-18 Februari 2018 di sejumlah wilayah,” kata Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mulyono R Prabowo dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dirincikan daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat yaitu Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur.

Hujan lebat juga berpotensi terjadi di Bali, NTB, NTT, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Papua.

Karena itu masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati akan dampak peningkatan potensi hujan, diperkirakan potensi banjir, longsor, genangan, banjir bandang, dan pohon tumbang juga turut meningkat.

(Andy AbdulHamid)