Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan untuk mewaspadai potensi hujan disertai angin kencang/Antara
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan untuk mewaspadai potensi hujan disertai angin kencang/Antara

Jakarta, aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan berintensitas ringan hingga lebat yang disertai petir akan melanda sejumlah kota besar di tanah air pada Minggu (10/12).

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id, pada pagi hari, hujan ringan akan membasahi wilayah Pontianak dan Makassar. Sedangkan, wilayah Jambi dan Pekanbaru diperkirakan berkabut.

Pada siang hari, hujan ringan berpeluang turun di wilayah Banda Aceh, Jakarta Pusat, Gorontalo, Jambi, Bandung, Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Samarinda, Tanjung Pinang, Ternate, Kupang, Manokwari, Pekanbaru, Kendari, Manado, Padang, dan Palembang.

Hujan berintensitas sedang akan mengguyur Ambon dan Makassar. Adapun wilayah Banjarmasin, Pangkal Pinang, dan Medan akan dilanda hujan lebat disertai dengan petir.

Memasuki malam hari, hujan ringan berpotensi turun di wilayah Jambi, Semarang, Surabaya, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Pekanbaru, dan Makassar. Sedangkan hujan disertai petir akan melanda wilayah Samarinda.

Hujan berintensitas ringan masih akan mengguyur beberapa kota besar di Indonesia pada Senin (11/12/2023) dini hari, seperti di Samarinda, Tarakan, Pangkal Pinang, Kupang, Jayapura, Makassar, dan Palembang. Sementara, hujan sedang diperkirakan akan membasahi Pontianak.

Warga yang tinggal di daerah-daerah yang diperkirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sebaiknya meningkatkan kewaspadaan untuk menghadapi kemungkinan terjadi genangan atau banjir.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Rizky Zulkarnain

Tinggalkan Balasan