Ilustrasi cuaca ekstrem/warta
Ilustrasi cuaca ekstrem/warta

Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berharap warga Sulawesi Utara mewaspadai cuaca ekstrem saat memasuki peralihan musim hujan pada bulan November nanti.

“Secara garis besar, berdasarkan prakiraan cuaca Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado bahwa sebagian besar wilayah Sulit sudah memasuki musim hujan di bulan Oktober dasarian satu,” kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle di Manado, Ahad (23/10).

Wilayah-wilayah yang sudah memasuki musim hujan pada dasarian pertama Oktober yaitu sebagian Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kota Bitung.

Sementara, pada bulan Oktober dasarian kedua, wilayah-wilayah yang telah memasuki musim hujan yaitu sebagian Kabupaten Minahasa, sebagian Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Kota Manado, Minahasa Utara dan sekitarnya, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kota Kotamobagu, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan akan memasuki musim hujan pada bulan November dasarian pertama,” ujarnya.

Karakteristik cuaca yang terjadi saat memasuki peralihan menuju musim penghujan, sebut dia, berpotensi terjadi cuaca ekstrem seperti hujan dengan intensitas lebat , angin kencang, petir atau guntur.

“Durasinya tidak terlalu lama dan sporadis,” katanya.

Peralihan musim penghujan di Kota Manado pada bulan November mendatang, menurut Ben, harus diwaspadai terutama terkait dengan bencana hidrometeorologi.

“Waspadai tanah longsor, banjir, pohon tumbang, tinggi gelombang serta potensi bencana lainnya. Kondisi cuaca Sulut telah kami paparkan pada pekan pertama bulan Oktober ini,” katanya.

Warga dan pemerintah, sebut dia, dapat memanfaatkan informasi BMKG terkait dengan kondisi cuaca di masing-masing daerah sebagai langkah antisipasi.

Menurut dia, bencana tanah longsor di Tomohon yang merenggut korban jiwa hendaknya menjadi bahan belajar agar lebih berhati-hati atau waspada pada saat terjadi cuaca ekstrem.

BMKG memperkirakan puncak musim hujan di Provinsi Sulawesi Utara pada bulan November hingga Februari 2023.

(Andy Abdul Hamid)