Mendung hitam dan hujan deras menerpa Jakarta,senin(9/10/2017). Dalam sepekan terakhir, wilayah Jakarta dan sekitarnya sering diguyur hujan sebagai tanda memasuki musim penghujan. Menurut prakiraan Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dari 324 zona musim di Indonesia sebanyak 131 zona akan memasuki musim hujan di bulan oktober ini. AKTUAL/Munzir

Bandarlampung, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan turun di sejumlah wilayah Provinsi Lampung pada Jumat pagi hingga Sabtu (29/12) dini hari.

Siaran pers Tim Pemrakira Bertugas Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung di Branti menyebutkan hujan diprakirakan turun di Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat pada Jumat (28/12) pagi.

Wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, dan Tulangbawang Barat berpeluang menghadapi hujan pada siang dan sore hari. Malam hari, hujan berpotensi mengguyur Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, dan Tulangbawang Barat.

Sementara pada Sabtu dini hari hujan diprakirakan turun di Kabupaten Tanggamus, Lampung Barat, Pesisir Barat, dan Mesuji.

Menurut prakiraan BMKG angin secara umum bertiup dari arah barat daya-barat dengan kecepatan antara 5-15 knots, dan jarak pandang berkisar 3-10 kilometer di wilayah Provinsi Lampung.

Suhu udara secara umum berkisar 23-32 derajat Celsius, kecuali di Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) yang suhunya berkisar 17-29 derajat Celsius.

Kelembapan udara wilayah ini 65 sampai 97 persen, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) yang kelembapannya antara 68 dan 98 persen.

(Bawaan Situs)