Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo didampingi Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Agus Hermanto dan Taufik Kurniawan bersama Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo saat acara persemian Klinik Elektronik Laporan Kekayaan Penyelenggaraan Negara (e-LHKPN) di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/2). Program kerjasama DPR dan KPK membentuk klinik e-LHKPN untuk mempermudah anggota DPR mengisi dan memperbaharui LHKPN. Pengisian LHKPN menggunakan system online. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo berharap BNPB, Kementerian Sosial, dan institusi pemerintah terkait lainnya bisa bersatu mengatasi musibah longsor di Kabupaten Brebes, sehingga masyarakat bisa kembali beraktifitas seperti sedia kala.

Hal tersebut disampaikan politisi Golkar yang akrab disapa Bamsoet saat mengunjungi lokasi pengungsian, Selasa (27/2). Dalam kunjungan itu Bamsoet juga didampingi Menteri Sosial Idrus Marham. Keduanya mendatangi lokasi tanah longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Bamsoet mengungkapkan, kedatangannya ke lokasi longsor dan pengungsian guna melihat langsung kondisi masyarakat yang terkena musibah. Kepada masyarakat, Bamsoet mengimbau masyarakat untuk tidak mendekati lokasi longsor.

Hal ini mengingat potensi adanya longsor susulan. Terlebih jika terjadi hujan, material longsor yang labil akan mudah mengakibatkan longsor susulan.

“Saya sungguh berduka atas bencana ini. Terlebih berdasarkan data korban terakhir, korban meninggal 11 orang, 7 hilang belum ditemukan, 12 luka-luka, 642 orang pengungsi di Desa Capar, 196 orang mengungsi di Desa Pasir Panjang dan 36 rumah rusak berat,” kata Bamsoet.