Jember, Aktual.com – Program penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru terhadap Industri Kecil Menengah (IKM) yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah Dan Aneka Kementerian Perindustrian RI, dinilai sangat efektif mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Bupati Jember Hendy Siswanto, sebut ini program gayung bersambut antara DPR RI dan kementerian yang diteruskan di Jember.

“Program ini diinisiasi oleh wakil ketua komisi 7 DPR RI, Bambang Haryadi, dari Fraksi Gerindra yang memang dari Dapil Kabupaten Jember dan Lumajang dan di Jember saat ini ada 135, kalau tidak salah ini program yang keempat Bimtek dari kewirausahaan dengan tujuan menumbuhkan dan mengembangkan kewirausahaan industri kecil menengah (IKM),” ujar Bupati Hendy ke awak media di Hotel aston Jember, Selasa (26/07).

Program tersebut memberikan Bimbingan teknis (Bimtek) dalam rangka penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru IKM di Kabupaten Jember dari tanggal 26 – 30 Juli.

Dengan program tersebut, para pelaku industri kecil dapat mengetahui cara pengolahan dari bahan baku hingga menjadi barang jadi dan mewujudkan manufaktur.

“Program ini untuk mewujudkan manufaktur karena diajarkan dengan program 30% edukasi di dalam ruangan 70% ada di ruang di luar ruangan. Sehingga praktek ini yang menumbuhkan bisa langsung diimplementasikan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Pemkab Jember sangat berharap kepada Kementerian Perindustrian untuk terus mengawal hingga link and match, sehingga akan benar – benar terwujud penumbuhan dan pengembangan IKM di Jember.

“Saya berharap dari Kementerian Perindustrian terus mengawal kegiatan ini, kalau memang teman-teman sudah jadi, beberapa usaha ini, dapat membantu pembelinya dan ini perlu offline maupun yang lebih penting dari onlinenya karena kedepan sistem digital lebih bagus lagi pasarnya daripada untuk offlinenya,” harap Bupati Hendy.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)