Jakarta, aktual.com – Selepas menikah, bulan madu menjadi aktivitas yang harus dilakukan. Menghabiskan waktu berdua bersama pasangan ke tempat impian, melakukan berbagai hal yang menyenangkan pun tak sabar lagi ingin segera diwujudkan. Namun, ke mana tujuan? Tempat yang belum banyak dipilih tetapi tak kalah romantisnya dengan Bali? Coba ajak pasangan ke Palembang dan kunjungi tempat romantis berikut ini.

Jangan khawatir, ada banyak penginapan murah di Palembang yang bisa menghemat budget bulan madu Anda.

Momen Romantis Berdua di Jembatan Ampera

Murah meriah, mengajak pasangan untuk menikmati eksotisme ikon Kota Palembang, Jembatan Ampera. Setelah berfoto seadanya, ajak ia turun dan menyewa perahu getek milik nelayan untuk menyusuri sungai. Pasti romantis, berdua di dalam perahu ditemani megahnya Jembatan Ampera dan aliran Sungai Musi. Terlebih, jika Anda datang tepat sebelum matahari terbenam.

Napak Tilas Sejarah di Bukit Siguntang

Anda dan pasangan penikmat sejarah? Bukit Siguntang menanti untuk dijelajahi. Dari pusat Kota Palembang, Anda hanya perlu berkendara selama sekitar 20 menit. Di sini, Anda akan disambut dengan makam-makam raja yang dipercaya menjadi penguasa dan memegang peran penting ketika Kerajaan Sriwijaya sedang berjaya.

Hanya ada 7 (tujuh) makam di sini, tetapi nuansa sejarahnya akan begitu kental menyapa. Tentu saja, ini akan menjadi kencan romantis yang tidak akan pernah Anda lupakan bersama pasangan. Kapan lagi bisa melihat langsung makam orang paling berpengaruh di era kejayaan Kerajaan Sriwijaya?

Perut Kosong, Yuk Ajak Makan Dong!

Sekarang, saatnya wisata kuliner! Kencan romantis atau bulan madu tak melulu datang ke tempat indah, memenuhi keinginan perut juga perlu. Membicarakan Palembang, jangan sampai tidak mencoba lezatnya pempek, ya. Coba sambangi Pempek Saga Sudi Mampir yang ada di kawasan Jalan Merdeka, tak jauh dari Kantor Walikota.

Belum kenyang? Yuk, makan mi celor di Kedai Mie Celor 26 Ilir Asli H.M. Syafei yang berada di Jalan K.H. Ahmad Dahlan! Anda yang belum tahu, kuliner ini adalah mi yang ditambah dengan tauge, telur iris, dan disiram dengan kentalnya kuah kaldu dan santan. Hmm, nikmat sekali pastinya. Jangan sampai lewat, ya!

Jalan-Jalan di Pulau Kemaro

Tepat di tengah Sungai Musi, terdapat sebuah pulau yang dikenal dengan nama Pulau Kemaro. Pulau ini memiliki bangunan vihara bertingkat 9 yang dibangun tepat di tengahnya. Sejarah bercerita, pulau ini identik dengan cerita rajutan kisah cinta antara Siti Fatimah yang merupakan putri dari Raja Palembang dengan Tan Bun An yang merupakan saudagar kaya dari negeri seberang, Tiongkok.

Singkat cerita, saudagar mendapatkan bekal berupa 7 (tujuh) guci dengan isi sayuran sawi dari sang orangtua. Namun, ini malah membuatnya malu, dan memutuskan untuk menendang jatuh semua guci tersebut ke sungai. Ketika guci terakhir ditendang, bukannya tercebur, guci malah pecah dan ternyata berisi emas. Saudagar pun menyelam untuk mengambil kembali guci yang telah ditendangnya.

Namun, ia tak kunjung muncul, hingga akhirnya sang pengawal berikut Siti Fatimah juga turut menyelam. Sayangnya, mereka tak juga ditemukan. Dari tempat mereka menyelam ini lalu muncul pulau, yang kemudian dinamai Pulau Kemaro.

Bulan madu romantis tak perlu mahal, termasuk ketika Anda hendak memilih hotel di Palembang untuk tempat menginap. Bujet pas-pasan bukan berarti Anda akan mendapatkan hotel murah yang murahan. Melalui aplikasi Airy, Anda bisa memilih akomodasi terbaik dengan harga terjangkau. Fasilitasnya? Lengkap. Lokasinya? Strategis pastinya. Cara pemesanan dan pembayaran? Mudah dan tidak ribet, karena bisa Anda lakukan di gerai Indomaret terdekat.

(Zaenal Arifin)