Bupati dan Wakil Bupati Jember saat melihat langsung proses pengaspalan di Jombang Jember dalam Kegiatan J-Hur. Foto: Aktual/Aziz
Bupati dan Wakil Bupati Jember saat melihat langsung proses pengaspalan di Jombang Jember dalam Kegiatan J-Hur. Foto: Aktual/Aziz

Jember, Aktual.com – Kegiatan Bupati Jember, Hendy Siswanto bersama dengan wakilnya, MB. Firjaun Barlaman dalam program J-HUR (Jember Hadir Untuk Rakyat) di Kecamatan Jombang pada hari kedua, digunakan untuk melakukan kunjungan dan keliling ke beberapa desa di Kecamatan Jombang Jember.

Selain mendatangi beberapa desa, Bupati juga meninjau langsung proses peningkatan jalan di Kecamatan Jombang yang masuk pada program pembangunan infrastruktur jalan yang dianggarkan melalui dana APBD yang dikerjakan secara multiyears.

Menurut Bupati Hendy, untuk Kecamatan Jombang, ada 35 KM jalan yang dilakukan peningkatan dan pembangunan untuk menjadi jalan kelas III, jalan-jalan tersebut menghubungkan beberapa desa dan kecamatan yang ada di sekitar Kecamatan Jombang.

“Hari ini kami bersama Gus Firjaun meninjau pengerjaan pengaspalan jalan di kecamatan Jombang, total ada 35 km meter jalan yang di aspal, dan ini sudah berjalan 1 setengah bulan, harapan kami pada bulan Juni Juli nanti pengerjaanya sudah selesai,” ujar Bupati Jember, Sabtu (5/3).

Sedangkan dengan semakin dekatnya waktu puasa dan hari raya Idul Fitri, dimana aktivitas warga yang semakin meningkat, pihaknya akan menutup sementara jalan-jalan yang berlubang sambil menunggu pengerjaan pengaspalan jalan selesai setelah lebaran.

“Untuk jalan-jalan yang kondisinya parah, pada bulan puasa nanti akan kita tutup dulu sementara dengan pengaspalan sistem tambal sulam, hal ini agar warga Jember saat tetap merasa nyaman di jalan pada saat lebaran idul fitri nanti,” ujar Bupati.

Sedangkan untuk kualitas jalan, Bupati menjelaskan, bahwa pihaknya sudah melakukan supervisi terhadap mutu dan kualitas material jalan, selain itu, pihaknya juga meminta kepada camat dan kades untuk ikut mengawasi proses pengerjaanya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan tes hantaran terlebih dahulu sebelum proses pengaspalan, hal ini juga sebagai upaya untuk melihat kualitas aspal yang dipakai oleh kontraktor dalam pengerjaanya.

(Aminudin Azis)

(A. Hilmi)