Ribuan buruh melakukan aksi unjuk rasa dengan melakukan long mach menuju Istana Negara, Jakarta, Sabtu (6/2/2016). Buruh menolak PHK besar-besaran yang akan dilakukan sejumlah perusahaan di Indonesia.

Jakarta, Aktual.com — Ribuan massa buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) membanjiri jalur bundaran Hotel Indonesia (HI) untuk menuju ke Istana Merdeka, Minggu (1/5) siang.

Kedatangan massa KASBI terbagi dua jalur, yakni dari jalur Imam Bonjol-HI, dan dari arah Sudirman-HI.

Pantauan aktual.com di lapangan, ribuan aparat gabungan keamanan ikut mengawal jalannya aksi massa yang membawa sejumlah perangkat aksi dari spanduk, umbul-umbul, hingga ogoh berbentuk pantung ‘Malaikat Pencabut Nyawa’.

Dalam orasinya, KASBI mendesak agar pemerintah untuk mencabut Peraturan Pemerintah (PP) No 78 Tahun 2015, soal kenaikan upah tidak lebih dari 11 persen. PP ini dinilai sebagai keberpihakan pemerintah terhadap pemodal ketimbang kesejahteraan rakyat, dalam hal ini buruh.

Aksi massa dalam peringatan May Day ditanggapi masyarakat yang kebetulan melalui Bundaran HI. Nico (21), warga Jakarta yang kebetulan di lokasi, menyayangkan aksi yang digelar pada hari Minggu yang merupakan hari libur.

“Sia-sia mas, demo hari minggu tidak ada dampaknya (ngga didenger pemerintah), coba hari senin itu baru demo,” celetuk Nico.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Novrizal Sikumbang