Jakarta, Aktual.com — Beberapa waktu yang lalu, sekelompok ilmuwan dari Uppsala University, Swedia mengungkapkan, bahwa mereka telah menemukan satu spesies baru burung dari India Timur yang berdekatan dengan Tiongkok. Burung tersebut bernama “Himalayan Forest Thrush”, dengan nama ilmiah “Zoothera Salimalii”.

Dr Almstrom yang merupakan pimpinan dari para ilmuwan tersebut mengungkapkan bahwa spesies burung baru itu dinamai demikian guna menghormati Ornitologi India Salim Ali.

“Nama ilmiah menghormati Nama besar Ornitologi India Salim Ali, sebagai pengakuan atas kontribusi untuk pengembangan ilmu burung India dan konservasi alam,” jelas ia seperti dilansir laman Sci-news.

Penemuan burung tersebut bermula ketika bulan Mei di tahun 2009 di mana Alstrom bersama Shashank Dalvi yang berasal dari Mumbai melakukan ekspedisi di dataran tinggi Western Arunachal Pradesh, India. Kala itu mereka menyadari bahwa mereka melihat satu burung yang berbeda dengan “Plain-backed Thrush” atau “Zoothera mollissima” di timur laut India.

Jika ‘Plain backed’ tinggal di hutan konifer dan memiliki kicauan merdu, berbeda dengan spesies baru tersebut yang memiliki kicauan lebih keras dan tajam.

Studi spesimen pada 15 Museum di tujuh negara juga menunjukkan perbedaan konsisten pada bulu serta struktur antara dua burung tersebut. Setelah dipastikan burung tersebut merupakan spesies baru.

()

()