Tips Kelola Dana bagi Generasi Sandwich

Dengan menambah pengetahuan pengelolaan dana keluarga dan disiplin mempraktikannya, diharapkan tanggung jawab keuangan generasi sandwich bisa terasa lebih ringan. Berikut ini adalah beberapa tips kelola dana yang bisa dilakukan generasi sandwich:

  • Atur Cash Flow

Langkah pertama, aturlah cash flow dengan sebaik mungkin. Pengaturan cash flow ini salah satu kunci untuk dapat memenuhi kewajiban sebagai generasi sandwich. Kelola dana masuk dan keluar secara teratur dan buat catatan yang rinci. Pemahaman dan keterampilan mengatur cash flow ini akan berpengaruh pada ketersediaan danamu sehari-hari dan untuk di masa depan.

  • Gunakan Rekening Terpisah

Buatlah rekening terpisah untuk mempermudah pengaturan dana pribadi dan orang tua. Paling tidak, kamu akan membutuhkan 3 rekening terpisah. Rekening pertama untuk kebutuhan operasional rumah tangga termasuk kebutuhan anak, rekening kedua untuk tabungan pribadi dan investasi, dan rekening ketiga untuk dana kebutuhan orang tua.

Di zaman serba canggih seperti saat ini, pembuatan akun rekening baru cukup mudah untuk dilakukan. Pastikan kamu menggunakan layanan mobile banking yang tepat dan setelah mengikuti cara daftar m banking yang benar, kamu bisa menikmati beragam fitur yang tersedia termasuk salah satunya adalah membuka akun rekening baru.

  • Alokasikan Dana Darurat

Pastikan juga untuk mengalokasikan dan membangun dana darurat untuk antisipasi musibah atau situasi tak terduga. Meskipun kamu memenuhi kebutuhan hidup dua keluarga, namun tetap harus mengupayakan memiliki dana darurat untuk diri sendiri. Usahakan untuk menyisihkan sedikit, misalnya 5% dari total pendapatan yang kamu peroleh untuk membangun sejumlah dana darurat yang ideal.

  • Tambah Pemasukan

Salah satu cara lain yang bisa sangat membantu generasi sandwich adalah menambah pemasukan. Jika kamu sudah merasa kesulitan dengan pengelolaan finansial untuk dua keluarga, cari cara untuk meningkatkan pendapatan dengan mencari pekerjaan atau bisnis sampingan sehingga pengelolaan cashflow bisa semakin mudah.

  • Siapkan Dana Pensiun

Ingat, generasi sandwich harus memutus mata rantai kondisi ini dengan mempersiapkan dana pensiun sejak dini! Jangan sampai generasi di bawahmu juga harus menanggung beban finansial yang sama.

Mempersiapkan dana pensiun bisa dilakukan dengan berinvestasi di aset-aset tertentu. Aplikasi mbanking kini juga sudah menyediakan fitur yang mempermudah kamu untuk berinvestasi di berbagai produk khususnya Reksa Dana, sebagai langkah persiapan dana pensiun di masa depan.

Manfaat Mobile Banking bagi Generasi Sandwich

halaman selanjutnya…

(Advertorial)