Jakarta, Aktual.com — Menopause yang biasa dialami oleh wanita di seluruh dunia, biasanya terjadi di usia 45 tahun hingga 55 tahun ketika ovarium mulai berhenti memproduksi homon esterogen dan progesteron yang biasanya kita sebut dengan “menstruasi”.

Biasanya, para wanita mulai melakuakn beberapa pendekatan terhadap berbagai pengobatan agar menopause tidak terjadi. Salah satu yang paling berkhasiat yaitu, dengan mengkonsumsi kedelai.

Beberapa ahli telah menyarankan bahwa kedelai dapat memberikan pertolongan dari gejala ‘hot flashes’ bagi perempuan menopause, demikian laman Boldsky melaporkan.

Diet kedelai menawarkan banyak manfaat bagi wanita menopause karena kandungan phytoestrogen yang tinggi. Berikut, beberapa manfaat dari makanan yang kaya kedelai sebelum dan selama menopause.

Minum dua gelas susu kedelai
Ini bisa meredakan wanita menopause dari ‘kutukan’ “hot flashes”. Porsi lengkap makanan dari tanaman kedelai akan menurunkan tingkat keparahan setidaknya sampai dengan 26 persen. Mereka yang mengonsumsi 1-2 porsi kedelai setiap hari, menderita tingkat yang lebih rendah dari masalah kolesterol, osteoporosis, demensia dan kanker payudara.

Gejala vasomotor
Wanita pastmenopause kebanyakan yang akan melalui tahap menyedihkan dari kehidupan mereka akan memiliki gejala vasomotor dan perubahan suasana hati. Tetapi dengan manfaat dari makanan kedelai sebelum menopause, mereka dapat mengalami berkurangnya “hot flashes”.

Secara umum, seluruh makanan berbasis kedelai, seperti tahu dan susu kedelai memiliki kandungan protein tertinggi di dalamnya serta kandungan isoflavon. Ini berhasil membantu tubuh Anda bertahan dalam menghilangkan estrogen.

Isoflavon kedelai
Ini memiliki sumber tertinggi phytoestrogen yang berisi tingkat terkaya isoflavon dalam makanan. Manfaat kedelai berasal dari Isoflavon (jenis phystoestrogen). Isoflavon juga ditemukan dalam kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang-kacangan dan lentil.

Beberapa ilmuwan menyarankan bahwa isoflavon kedelai yang mirip dengan estrogen tubuh dalam hal struktur memiliki pengaruh untuk mendukung kesehatan dengan menghubungkan ke reseptor estrogen. Hal ini dapat menghasilkan beberapa manfaat dari estrogen tanpa menyebabkan efek samping negatif.

Ini merupakan salah satu manfaat dari makanan yang kaya kedelai selama menopause. Isoflavon berisi estrogen seperti hormon tanaman yang memiliki efek menguntungkan pada kesehatan. Mereka juga memiliki antioksidan kuat yang dapat meniru efek estrogen.

Kekeringan vagina
Konsumsi satu atau dua porsi kedelai per hari, merupakan hal yang penting. karena itu berarti, anda telah mengasup sekitar 25 sampai 50mg isoflavon. Beberapa makanan yang kaya kedelai selama menopause dapat melindungi bahkan dari penyakit jantung koroner (PJK), kekeringan vagina, ‘hot flashes’ dan menurunkan risiko osteoporosis.

Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan makanan kedelai seperti minuman kedelai, kacang kedelai, tahu, dapat mengurangi frekuensi ‘hot flashes’ setengahnya. Ini adalah beberapa manfaat dari makanan yang kaya kedelai sebelum dan selama menopause.

()